Pend & Budaya

UNS Jalin Kerja Sama dengan Pertamina lewat Innovation Hub

Pend & Budaya

15 Juli 2022 11:31 WIB

Universitas Sebelas Maret (UNS) menjalin kerja sama dengan PT Pertamina (Persero) melalui UNS Innovation Hub.

SOLO, solotrust.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) menjalin kerja sama dengan PT Pertamina (Persero) melalui UNS Innovation Hub. Jalinan kerja sama ini berhasil mewujudkan program Sebelas Maret Startup Academy New Renewable Energy (SEMESTA NRE).

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS, Prof Kuncoro Diharjo mengatakan, melalui diskusi penggalian potensi kerja sama diharapkan dapat mewujudkan hilirisasi hasil riset dan inovasi lebih baik bagi kedua belah pihak. Hubungan baik ini juga sudah terjalin sejak satu tahun sebelumnya.



“Diharapkan bagi para tenant di Direktorat Inovasi dan Hilirisasi serta bagi para tenant mahasiswa UNS dapat memberikan (hasil) yang lebih baik dalam pengembangan dan pertumbuhannya dengan melebihi ekspektasi dari para pihak pemberi pembiayaan atau dana,” ujarnya, Kamis (14/07/2022).

Ditambahkan New Ventures Pertamina, Rhian Indradewa, kategori usaha rintisan startup yang disorot dan berpotensi untuk disuntik dana oleh PT Pertamina (Persero) adalah bidang startup Clean Energy NRE, Electrification, Petrochemical and Derivatives, dan Supporting Future Technology yang dijalankan dalam skema Partnership Program dan Growth Program.   

“Tahapan bagi startup yang ingin mengikuti program pendanaan dikenal sebagai Pertamina XScouts tersebut, di antaranya adalah Proposal Submission, Document Validation, Preparing Our Collaboration, dan terakhir adalah The Start of Our Collaboration,” terangnya. 

Menurut Rhian Indradewa, seluruh tahapan ini merupakan bagian dari Pertamina Xscouts yang merupakan platform open innovation Pertamina di mana startup dan Pertamina berkolaborasi dalam pengembangan bisnis berbasis inovasi dalam konteks mutual benefit.

“Harapannya kami mendapat startup-startup potensial universitas yang sesuai dengan keempat (kategori) bidang yang ada,” tukasnya. (awa)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya