Pend & Budaya

Dans Dance Studio dan Rumah Banjarsari Siapkan Pertunjukan Ruang Bawah

Pend & Budaya

15 September 2022 12:31 WIB

Latihan Ruang Bawah (Foto: Dok Istimewa/Tim produksi Dans Dance Studio dan Rumah Banjarsari

SOLO, solotrust.com - Dan's Dance Studio dan Rumah Banjarsari akan menampilkan karya kolaboratif antara seni tari dan teater dengan koreografer Danang Pamungkas dan sutradara Hanindawan.

Karya yang dihelat pada 16 September 2022 pukul 19.30 WIB di Ruang Kaca Rumah Banjarsari ini berangkat dari laboratorium ekosistem kreatif dengan judul Ruang Bawah.



Proses kreatif pertunjukan ini dimulai dari saling bertukar cerita pengalaman antara Danang Pamungkas sebagai koreografer dan penari, Galuh Sari yang punya basic tari serta Purwanto 'Meong' berlatar teater.

Menurut siaran pers diterima solotrust.com, Kamis (15/09/2022), proses awal dengan pendekatan workshop dilakukan setiap hari untuk mencari serta menemukan berbagai kemungkinan yang dilahirkan oleh tubuh aktor dan penari. Selanjutnya bergulir, menjelajah ke berbagai arah dan bentuk hingga terasa terengah-engah karena justru mendadak menemukan ruang kosong.

Kekosongan itu pun kemudian bermuara pada sepasang boneka kayu Loro Blonyo, selanjutnya diurai dan dikembangkan lagi sehingga menjadi sebuah teks.

Ruang Bawah bukan untuk menampilkan cerita Loro Blonyo, namun mencoba menjelajah ke dalam menuju ruang bawah hingga lewat pendekatan interdisiplin seni, tari, teater, seni rupa, musik, dan videografi. (dd)

(and_)