Hard News

Survei: Fans K-Pop Terbesar di Jepang Kemungkinan Adalah Golongan Lansia

Global

22 September 2022 16:00 WIB

BTS, salah satu grup idol Korea Selatan yang populer di Jepang. (Foto: Big Hit Music)

Solotrust.com – K-Pop dikenal memiliki fans dari beragam usia, dari anak-anak hingga lansia. Di Jepang, sebuah survei menunjukkan bahwa kemungkinan fans K-Pop terbesar di negara itu adalah golongan lansia.

Layanan marketplace online Mercaris, sebagaimana dikabarkan SoraNews24 Kamis (22/9), mempelajari kebiasaan pembelian penggunanya antara 1 September 2021 hingga 31 Agustus 2022 untuk mengetahui produk apa yang paling populer untuk setiap generasi.



Mereka menemukan bahwa pengguna yang dilaporkan berusia di atas 50 tahun lebih sering membeli merchandise K-pop daripada Gen Z.

Meskipun bersaing dengan produk populer lainnya seperti merchandise karakter, merchandise idol domestik, dan video game, item K-pop adalah barang yang tergolong laris di antara setiap kelompok umur.

Item K-pop adalah kategori ketiga yang paling banyak dibeli remaja dan kedua untuk orang-orang berusia 30-an. Yang mencengangkan, itu adalah kategori yang paling banyak dibeli orang-orang berusia 50-an dan 70-an tahun.

Barang-barang K-pop ini laku di kalangan kaum senior di Mercari bukan hanya karena popularitasnya, namun fakta bahwa lansia mungkin merasa sulit untuk bepergian ke Tokyo, apalagi Korea, untuk menemukan apa yang mereka inginkan, sehingga mereka beralih ke pasar online.

Toko di Shin-Okubo yang menjual barang-barang K-pop yang dimaksud, bisa menjadi bagian dari alasan mengapa pengguna Mercari di atas 60 tahun melakukan 8.000 pembelian produk terkait K-pop pada tahun lalu.

Mercari juga menganalisis untuk menentukan grup K-pop mana yang paling populer di kalangan senior Jepang. Hasilnya BTS berada di peringkat pertama, disusul SEVENTEEN, ATEEZ, ENHYPEN, dan TWICE.

Meski begitu, Mercari tidak melaporkan jenis kelamin dalam temuannya, jadi belum diketahui apakah golongan wanita atau pria lansia yang paling banyak melakukan pembelian item K-pop.

Namun ketika ditanya dalam survei apakah mereka memiliki "oshi" atau seorang idol yang begitu mereka gemari, 35,2 persen menjawab ya.

Selain itu, sebanyak 69,5 persen dari mereka yang menjawab ya juga mengatakan bahwa mereka menghabiskan uang untuk "oshi" mereka.

K-pop sendiri bukan satu-satunya genre yang banyak dibeli dan dijual di Mercari. Merchandise karakter dari anime dan video game adalah kategori teratas untuk semua pengguna berusia hingga 50 tahun dan berada di peringkat tiga teratas untuk pengguna berusia 50-an ke atas. (Lin)

(zend)