Entertainment

Era Kejayaan Girlgroup K-Pop Kini Miliki Lebih Banyak Fans Wanita daripada Boygroup

Entertainment

8 Oktober 2022 11:00 WIB

BLACKPINK, salah satu girlgroup K-Pop yang memiliki jumlah fans wanita terbanyak. (Foto: Dok. YG Entertainment)

Solotrust.com - Girlgroup K-Pop seakan tengah mengalami masa kejayaannya saat ini, dengan adanya grup-grup papan atas yang memiliki basis penggemar besar seperti BLACKPINK, Red Velvet, TWICE, dan ITZY, serta girlgroup pendatang baru seperti aespa, IVE dan NewJeans.

Menurut laporan dari media Korea Selatan Chosun Ilbo, Kamis (6/10), sejumlah girlgroup baru-baru ini mendominasi chart top 10 mingguan di Genie Music. aespa, BLACKPINK, TWICE dan ITZY masing-masing dikatakan menjual lebih dari satu juta album kepada sebagian besar fans wanita.



Analisis penjualan teratas di Genie Music dari Juni hingga Agustus menunjukkan bahwa wanita menyumbang lebih dari 50 persen penjualan, dan tren yang sama terjadi secara offline.

Sebagai contoh, wanita menyumbang 72,1 persen dari jumlah orang yang membeli lagu baru IVE After Like di toko buku Aladin di Korea Selatan.

Sampai pertengahan 2010-an, girlgroup wanita memiliki imej seksi dan sering provokatif untuk menarik fantasi pria, tetapi girlgroup sekarang memproyeksikan imej yang lebih percaya diri.

Merchandise mereka pun menjadi lebih menarik bagi penggemar wanita. Girlgroup pendatang baru NewJeans misalnya. Baru-baru ini mereka mengadakan acara di Seoul yang menampilkan koleksi merchandise seperti kaos, tas, stiker dan barang lainnya, yang menarik banyak penggemar wanita dan menarik sekitar 17.000 pengunjung.

Kritikus budaya Jung Duk Hyun mengatakan, "Penggemar saat ini cenderung memandang grup idol bukan sebagai objek romantis tetapi sebagai role model untuk selera khusus mereka."

Hal senada terkait kekuatan girlgroup ini juga disoroti situs berita ekonomi Pulse News asal Korsel. Agustus lalu, dilaporkan bahwa ekspektasi yang tinggi terhadap girlgroup baru HYBE telah memperkuat saham perusahaan itu, menyusul kekhawatiran dari hiatusnya artis andalan mereka BTS.

Sementara itu, album dari BLACKPINK dan TWICE berhasil mengangkat label mereka, JYP dan YG.

HYBE, JYP Entertainment, dan YG Entertainment melaporkan pendapatan gabungan sebesar 840,4 Miliar Won pada periode April-Juni dan laba operasional sebesar 141,3 miliar Won, masing-masing melonjak 43 persen dan 87 persen, dari periode yang sama tahun lalu.

Dikatakan bahwa penghasilan yang kuat ini sebagian besar disebabkan oleh keberhasilan girlgroup mereka, baik yang lama maupun baru.

Saham HYBE diketahui pernah turun hampir 30 persen setelah BTS mengumumkan bahwa mereka akan hiatus dari aktivitas grup mereka. Namun debut yang sukses dari girlgroup NewJeans dan Le Sserafim berhasil mengubah keadaan.

Kabar terbaru, BLACKPINK menjadi girlgroup K-Pop pertama yang berhasil memuncaki Billboard 200, chart yang meranking album-album teratas di Amerika Serikat, pasar musik terbesar di dunia. Dengan ini, BLACKPINK sekaligus menjadi grup K-Pop keempat yang memuncaki chart ini, setelah BTS, SuperM, dan Stray Kids.

Artis dengan subscriber YouTube terbanyak di dunia ini juga menjadi girlgroup K-Pop pertama yang memuncaki chart album Official di Inggris.

Di Korea Selatan sendiri, Born Pink memecahkan rekor dengan menjadi album terlaris yang terjual di minggu pertama perilisannya, yakni mencapai lebih dari 1,54 juta kopi, berdasarkan hitungan chart Hanteo.

Begitu dirilis, Born Pink juga memuncaki chart album iTunes di 60 negara termasuk AS, Inggris, dan Indonesia. MV Pink Venom juga mencetak rekor sebagai MV girlgroup K-Pop tercepat yang mencapai 100 juta penayangan di YouTube.

Untuk kasus girlgroup pendatang baru, NewJeans misalnya, mereka mencatatkan rekor penjualan minggu pertama terbanyak dari album debut mana pun oleh girlgroup K-pop, yakni lebih dari 440.000 kopi. Rekor sebelumnya adalah 307.450 kopi, yang dibuat oleh Le Sserafim, dengan EP pertamanya Fearless.

Girlgroup beranggotakan Minji, Hyein, Haerin, Hanni, dan Danielle ini debut dengan EP (album mini) pertamanya bertajuk New Jeans, yang terdiri dari 4 lagu yakni Attention, Cookie, Hype Boy, dan Hurt.

EP ini berhasil menduduki puncak chart iTunes di sembilan negara atau wilayah paska dirilis, termasuk Indonesia, Finlandia, Rusia, dan Thailand.

EP ini juga mendapat 2,06 juta streaming, 226.000 pendengar kumulatif, dan 88.000 pengikut di Spotify pada hari perilisannya. Sebuah capaian yang luar biasa untuk girlgroup K-Pop yang baru debut. (Lin)

(zend)

Berita Terkait

Mantan Trainee YG Entertainment Kritik Sistem Trainee Kpop yang Ketat dan Tak Manusiawi

Adhiwangsa Hotel & Convention Solo Gelar KPop Mini Fest

Trainee asal Indonesia, Zayyan Jadi Member Predebut OJC Newbies

Charlie Puth Sedang Suka-sukanya dengan K-Pop, Pilih NewJeans dan SEVENTEEN sebagai Favorit

Cerita Audisi Yeji ITZY, Mino WINNER Ternyata Punya Kontribusi Besar

Survei: Fans K-Pop Terbesar di Jepang Kemungkinan Adalah Golongan Lansia

Jisoo BLACKPINK Resmi Dirikan Label Baru BLISSOO

Pledis Entertainment Tuai Kritikan Gegara Diskreditkan BLACKPINK

Jisoo Blackpink dan Ahn Bo Hyun Dikabarkan Putus, Ini Pernyataan YG Entertainment

Lim Young Woong, Pesaing Berat BTS dan BLACKPINK Siap Comeback Oktober 2023

Perilisan OST Game The Girls Blackpink The Game

Tiket Konser BLACKPINK di Jakarta Mulai Dijual Hari Ini, Segini Harganya

NewJeans Jadi Kesayangan Para Member TWICE

Nayeon TWICE Cetak Sejarah di Billboard 200, Solois K-Pop Pertama yang Tembus Top 10

Ini Jawaban Dahyun TWICE Ketika Ditanya Bisakah Tunggu Pacarnya Rampungkan 2 Tahun Wajib Militer

ITZY Jadi Girlgroup Korsel Ketiga Setelah BLACKPINK dan TWICE yang Raih Peringkat Tertinggi di Billboard 200

Peduli Lingkungan, Nayeon TWICE Lakukan Ini dalam Kehidupan Sehari-hari

Yeonjung WJSN Berbagi tentang Persahabatannya dengan Sana TWICE

Cerita Audisi Yeji ITZY, Mino WINNER Ternyata Punya Kontribusi Besar

Cerita Audisi Lia ITZY yang Memilih JYP daripada SM

ITZY Akan Debut di Jepang dengan Album Kompilasi ITz ITZY

Yeji ITZY Menangis Saat Siaran V Live, Ini Sebabnya

ITZY Akan Debut di Jepang dengan Album Digital WHATz ITZY

Yeji ITZY Berbagi Cerita Audisinya, Pernah Gagal Hingga Berbagi Tips Agar Peluang Diterima Lebih Tinggi

November Bergemuruh: 5 Daftar Idol K-Pop yang akan Mengisi Akhir Tahun dengan Comeback

ICU, Lagu Penghiburan dari aespa untuk Mereka yang Sedang Hadapi Masa Sulit

Tidak Mudah, aespa Bagikan Perasaan Mereka Sebelum Debut

Ini Alasan Giselle aespa Berdonasi Bantu Anjing Terlantar

aespa Akan Hadiri Forum PBB dan Tampilkan Next Level

Susul BLACKPINK, aespa Jadi Girlgroup K-Pop Kedua yang Raih 1 Juta Pre-Order Album

Berita Lainnya