Hard News

Hii.. Ada Penampakan Mumi Mamasa di Pameran Kampung Purba De Tjolomadoe

Jateng & DIY

23 September 2022 10:43 WIB

Mumi Mamasa ditampilkan di Pameran Kampung Purba di De Tjolomadoe Karanganyar pada 12 hingga 24 September 2022. (Foto: Dok. solotrust.com/dody)

Solotrust.com - Jejak manusia prasejarah di bumi Nusantara tak terhitung banyaknya. Tidak jarang di beberapa tempat ditemukan peninggalan masa lalu di mana usianya telah mencapai ribuan, bahkan mungkin jutaan tahun lamanya.

Jejak peninggalan peradaban masa lampau itu pun masih menuai kekaguman ketika dapat disaksikan pada masa kini. Salah satu yang berhasil ditemukan ialah mumi Mamasa.



Dalam Pameran Kampung Purba di gedung kuno De Tjolomadoe Karanganyar pada 12 hingga 24 September 2022, turut ditampilkan mumi Mamasa, salah satu bukti kekayaan sejarah manusia purba di Indonesia.

Mumi berusia sekira ribuan tahun itu terlihat meringkuk dan disimpan dalam sebuah kaca bening. Beberapa bagian tubuh seperti rambut dan gigi masih terlihat utuh, sedangkan tubuhnya hanya tinggal tulang belulang.

Mumi Mamasa ini ditemukan pada 1995 di Kabupaten Polmas ketika terjadi banjir bandang. Adapun usianya diperkirakan sudah mencapai ribuan tahun.

Sementara untuk menjaga mumi tetap awet dibutuhkan perawatan khusus, di antaranya diberikan formaldehida, silikagel, dan akar wangi guna mencegah kerusakan akibat jamur dan bakteri. (dd)

(and_)