Serba serbi

Google Tampilkan Doodle Tempe Mendoan, Makanan Khas Indonesia

Serba serbi

29 Oktober 2022 17:05 WIB

Ilustrasi tempe mendoan garapan Reza Dwi Setyawan menghiasi Google Doodle hari ini, Sabtu (29/10/2022). (Dok. Google)

Solotrust.com - Google doodle hari ini Sabtu (29/10/2022) menampilkan doodle tempe mendoan. Jika kamu membuka halaman utama Google akan nampak logo Google dibuat sedemikian rupa dengan menampilkan gambar tempe mendoan.

Google doodle tempe mendoan (tempeh) itu adalah karya ilustrator artis tamu Reza Dwi Setyawan asal Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Dikutip dari Google.com, Reza Dwi Setyawan yang memiliki akun Instagram @maskrib menjelaskan makna ilustrasi yang dibuatnya. Ia mengungkapkan membuat ilustrasi tentang tempe merupakan sesuatu yang bermakna dan menarik

"Sebagai orang Indonesia hampir setiap hari tempe ada di piringku, terutama tempe mendoan sebagai lauk. Punya kesempatan untuk membuat ilustrasi tentang sesuatu yang sangat dekat denganku itu jelas sangat menarik," bebernya.

Lebih lanjut, Reza Dwi Setyawan menceritakan bagaimana ia mendapat inspirasi untuk membuat ilustrasi tempe yang akan dijadikan Google Doodle.

"Tempe ada di sekitarku. Aku mengilustrasikan apa yang kulihat setiap hari, bagaimana kami berinteraksi dan menemui makanan ini setiap harinya,” lanjut dia.

Reza Dwi Setyawan berharap dengan adanya tampilan tempe mendoan menghiasi Google Doodle hari ini dapat menarik perhatian banyak orang terhadap makanan khas Indonesia.

"Kuharap tempe semakin dikenal di luar Indonesia. Tempe adalah makanan sederhana dengan manfaat yang luar biasa,” sebutnya

Karya Reza ini bertajuk 'Merayakan Tempe Mendoan'. Doodle menampilkan ilustrasi terkait tempe mendoan, mulai dari proses memotong, menggoreng, hingga disajikan dengan alas daun pisang.

Dalam cuitan akun Twitternya, Google menjelaskan alasan pengambilan ilustrasi tempe dalam Google Doodle hari ini. Disebutkan, tempe kaya protein nabati. Makanan fermentasi asal Indonesia ini usianya ditaksir telah mencapai 400 tahun.

"Doodle hari ini merayakan tempe dan diilustrasikan oleh artis tamu Reza Dwi Setyawan yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia," cuit Google Doodle melalui media sosial Twitter.

"Protein nabati bergizi ini adalah makanan fermentasi berusia 400 tahun yang berasal dari Indonesia," sambung cuitan itu.

Pada ilustrasi tersebut digambarkan proses pembuatan tempe mendoan, mulai dari proses memotong, menggoreng, hingga disajikan dengan alas daun pisang.

Menurut informasi, mendoan telah ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda Indonesia. Penetapan itu merupakan hasil dari Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021 yang digelar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi di Jakarta, 26 hingga 30 Oktober 2021 lalu.

Mendoan sendiri merupakan makanan khas dari daerah Banyumas, Jawa Tengah. Berbeda dari jenis gorengan biasa yang memiliki tekstur garing, renyah nan kriuk, tempe mendoan merupakan gorengan cenderung lembek dan tidak garing.

Meskipun memiliki tekstur basah dan tidak garing, tempe mendoan yang dibalur tepung tetap menjadi makanan lezat dengan cita rasa unik. Mendoan kerap dimakan dengan cara dicelup dalam sambal kecap pedas atau pun dimakan dengan gigitan cabe rawit hijau pedas.

Sebagai informasi, Google sering menyajikan gimmick pada mesin pencariannya. Salah satunya ialah Google Doodle.

Biasanya, Google Doodle menghiasi halaman utama mesin pencarian Google di hari tertentu dengan tema berbeda-beda, mulai dari sosok terkenal hingga perayaan hari tertentu. (ale)

(and_)