Pend & Budaya

Clara Aunta Yuti Menangi Festival Dalang Bocah SKWL Nusantara

Pend & Budaya

8 November 2022 11:01 WIB

Festival Dalang Bocah yang diadakan Sanggar Keluarga Wartoyo Langgeng (SKWL) Nusantara Boyolali dalam rangka Hari Wayang Dunia 2022. (Foto: Dok. solotrust.com/jaka)

BOYOLALI, solotrust.com - Clara Aunta Yuti asal Kabupaten Sukoharjo berhasil menyabet juara pertama Festival Dalang Bocah yang diadakan Sanggar Keluarga Wartoyo Langgeng (SKWL) Nusantara Boyolali dalam rangka Hari Wayang Dunia 2022.

Clara Aunta Yuti mengaku senang dapat mengikuti festival dalang di Tegalgiri. Apalagi festival ini diikuti peserta dari berbagai daerah, sehingga dapat menambah wawasan dan pengalaman baru.



"Sangat senang mengikuti festival ini. Dapat juara satu rasanya senang. Senang juga bisa bertemu dalang-dalang lainnya," ucap dia.

Festival Dalang Bocah diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu (05-06/11)/2022) di Desa Tegalgiri, Nogosari, Boyolali. Acara ini diikuti 23 dalang cilik dari berbagai daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Ketua panitia sekaligus pemilik SKWL Nusantara, Ki Gondo Wartoyo mengatakan, kegiatan Festival Dalang Bocah berjalan lancar.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih terhadap semua pihak yang telah membantu kegiatan ini dalam rangka Hari Wayang Dunia,” katanya kepada solotrust. com, Senin (07/11/2022).

Lewat festival ini, seluruh peserta termasuk pemenang diharapkan terus belajar dan mencintai wayang kulit sebagai bentuk pelestarian budaya.

Wartoyo mengaku merasa kagum dengan penampilan para peserta festival dalang bocah, meski masih anak anak kebolehan di atas panggung sangat menakjubkan.

“Saya heran sekali, meski masih usia maksimal 13 tahun, namun dalang-dalang cilik tersebut sangat lincah memainkan wayang dan membawakan ceritanya,” ucapnya.

Wartoyo juga berpesan kepada para orangtua peserta untuk terus melatih anaknya agar senantiasa bersemangat dalam melestarikan budaya dan seni, terutama wayang kulit dan pedalangan.

"Kami berpesan kepada orangtua dalang cilik ini untuk terus memotivasi anak-anaknya agar terus berlatih, sehingga nantinya menjadi dalang tangguh yang dapat melestarikan seni dan budaya," ujar dia.

Adapun tiga besar pemenang Festival Dalang Bocah, yakni Clara Aunta Yuti dari Sukoharjo (juara 1), Hafidz Zidan Saputra asal Sukoharjo (juara 2), dan Dhanur Probo Kusumo dari Wonogiri (juara 3). Sementara juara harapan 1 diraih Fatah Kevin Turhistira asal Demak dan juara harapan 2 digaet Radite Hanung P dari Boyolali.

Juara 1 mendapakan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp2,5 juta, juara 2 menerima Rp2 juta, juara 3 mendapat Rp1,5 juta, serta juara harapan 1 dan 2 masing-masing memperoleh Rp 1 juta.

Selain mendapatkan uang pembinaan, seluruh pemenang juga mendapatkan wayang. Dalam festival ini seluruh peserta juga mendapatkan piagam penghargaan. (jaka).

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya