Serba serbi

5 Tempat Liburan Seru di Kota Solo yang Wajib Dikunjungi

Wisata & Kuliner

2 Januari 2023 15:16 WIB

Bangunan Pasar Gede Hardjonagoro yang merupakan salah satu ikon wisata Kota Solo. (Foto: Dok. solotrust.com/lay)

SOLO, solotrust.com - Solo dikenal sebagai kota budaya dan memiliki banyak daya tarik wisata, mulai dari kuliner, kerajinan batik hingga bangunan bersejarah.

Nah, jika kamu saat ini tengah berkunjung ke Solo atau pengin liburan ke kota ini, ada beberapa tempat menarik yang bisa disambangi.



Mau tahu apa saja itu, berikut kami bagikan lima tempat liburan seru di Kota Solo yang wajib dikunjungi, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang wajib ada dalam daftar kunjungan kamu saat liburan di Kota Solo.

Berlokasi di kawasan Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Solo, Pura Mangkunegaran menawarkan wisata sejarah dan budaya dengan spot-spot foto keren dan antimainstream.

Kamu bisa mengunjungi tempat menarik ini menggunakan kendaraan pribadi atau pun transportasi umum dengan rute perjalanan terbaik.

Pura Mangkunegaran bisa disambangi mulai pukul 08:30 hingga 14:00 WIB saat hari biasa dan 09:00 hingga 13:00 WIB ketika akhir pekan.

Adapun untuk masuk ke Pura Mangkunegaran, kamu cuma perlu membayar tiket sebesar Rp20 ribu per orang dan Rp40 ribu untuk turis asing.

2. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg merupakan salah satu lokasi favorit tujuan wisata di Kota Solo. Bangunan benteng ini terlihat begitu kokoh dan megah dengan gaya arsitektur kolonial Belanda. Kesan tempo dulu yang ada pada Benteng Vastenburg ini menjadi salah satu spot foto menarik saat kamu berkunjung ke Kota Bengawan.

Bangunan yang berdiri gagah di kawasan Jalan Jenderal Soedirman, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon Solo ini menjadi saksi bisu era kolonial Belanda. Benteng Vastenburg didirikan seorang gubernur Belanda bernama Baron Van Imhoff pada 1745.

Bangunan bersejarah ini bisa dinikmati setiap saat karena buka sepanjang waktu. Harga tiket masuknya pun super murah, yakni cuma Rp2000 untuk dewasa dan Rp1000 bagi anak-anak.

3. Keraton Kasunanan

Keraton Kasunanan merupakan salah satu destinasi wisata populer di Kota Solo. Arsitektur Keraton Kasunanan merupakan perpaduan khas gaya etnik Eropa dan Jawa yang cukup keren sebagai objek foto.

Jika berkunjung ke tempat ini, kamu akan disuguhi berbagai peninggalan masa lalu, sehingga seolah merasakan kehidupan zaman dulu. Keraton Kasunanan atau kerap disebut Keraton Solo berlokasi di Kampung Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon.

Berdasarkan literatur sejarah, Keraton Kasunanan didirikan Susuhunan Pakubuwana II pada 1744 untuk menggantikan Keraton Kartasura yang porak poranda akibat hiruk pikuk Geger Pecinan pada 1743.

Destinasi menarik ini bisa kamu kunjungi bareng keluarga atau teman-teman dekat kapan saja karena memang dibuka untuk umum setiap hari. Keraton Kasunanan dibuka untuk kunjungan wisatawan mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB.

4. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman merupakan salah satu tempat wisata menarik di Kota Solo. Selain menyajikan bangunan-bangunan etnik zaman dulu khas para saudagar batik, tempat ini juga menawarkan wisata belanja. Tak cuma itu, jika singgah di Kampung Kauman, kamu juga bisa belajar membatik.

Ada banyak sudut menarik di Kampung Batik Kauman yang cocok buat kamu para pemburu spot foto. Nuansa klasik yang dimiliki tempat ini dan keramahannya warganya memang menjadi daya tarik tersendiri saat berlibur di Kota Bengawan.

Kampung batik ini berada di Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Jika kamu pengin singgah di tempat ini bisa datang kapan saja, terlebih lokasinya cukup mudah diakses karena terletak di pusat kota.

5. Pasar Gede Hardjonagoro

Pasar Gede Hardjonagoro bukan cuma sekadar tempat yang memutar roda perekonomian masyarakat Solo, namun lebih dari itu. Pasar Gede menyimpan memori kolektif sejarah Kota Bengawan di masa lalu.

Di tempat ini, selain bisa mengagumi arsitektur bangunan pasar tempo dulu bergaya Jawa-Eropa, kamu juga dapat merasakan petualangan wisata kuliner.

Menurut catatan sejarah, Pasar Gede Hardjonagoro kali pertama dibangun pada 1927 dan selesai pada 1930. Pasar rancangan arsitek Belanda, Thomas Karsten ini menjadi pusat perdagangan masyarakat pribumi, Tionghoa, dan Belanda.

Nah, jika ingin berburu foto atau sekadar menikmati aneka kuliner di Pasar Gede Hardjonagoro, tak susah menemukan tempat ini. Pasalnya, Pasar Gede berada di jantung Kota Solo, tak jauh dari gedung balai kota.

Di Pasar Gede Hardjonagoro, kamu bisa berburu kuliner khas Solo seperti nasi liwet, timlo. pecel, aneka tumis, dawet, kerupuk rambak, karak, dan jajanan pasar lainnya.

Itulah lima tempat liburan seru di Kota Solo yang bisa kamu kunjungi sembari berburu spot foto menarik dan antimainstream. (and/lay)

(and_)

Berita Terkait

Gojek Luncurkan Layanan GoTransit Terintegrasi Commuter Line Solo-Yogyakarta

Omah Lowo, Heritage Batik Keris Solo

Rekomendasi 5 Kuliner Nikmat Khas Solo, Favorit Wisatawan

Astrid Widayani Maju Pilkada Solo Lewat Gerindra, Siap Abdikan Diri untuk Sosial Kemasyarakatan

Nyalanesia kembali Gelar Festival Literasi Nasional di Solo

Menyelami Kelezatan Tahok Pasar Gede, Kuliner Ikonik Kota Solo

Eksplorasi 5 Destinasi Wisata Tradisional di Solo

Jumenengan ke-2 KGPAA Mangkunegara X, Aria Bima sampai Bos Persis Solo Dapat Gelar

Public Relations Soloraya Sowan Gusti Bhre, Diskusi Pengembangan Pariwisata Solo

Gibran Gelar Sayembara 100 Tiket Gratis Nonton K-POP Xodiac di Pura Mangkunegaran

MCPR Pikat Antusiasme Penonton Konser Musik Kreativesia di Mangkunegaran.

Seharian di Solo, Ini 4 Lokasi Hunting Foto Instagramable Wajib Kamu Sambangi

5 Destinasi Wisata Budaya Populer di Solo yang Wajib Dikunjungi

Puncak Masa Kampanye, Ganjar-Mahfud Gelar Hajatan Rakyat di Benteng Vastenburg

SIPA Hari Kedua Sedot Antusias Penonton, Tampilkan Pertunjukan Spektakuler Sophiyah hingga Taekwondo

Meriahnya Pembukaan SIPA ke-15 di Benteng Vastenburg Solo

SIPA 2023 segera Digelar, Dimeriahkan Seniman Jepang hingga Korea

Siap-siap! SIPA 2023 Digelar di Benteng Vastenburg Solo Akhir Pekan Ini

Mengembalikan Budaya Asli Keraton, Alun-alun Surakarta Direvitalisasi

Hajad Dalem Gerebeg Maulud Keraton Kasunanan Surakarta

Sambut Tahun Baru Muharram, Masjid Agung Surakarta Bagikan 1000 Pack Jenang Suran Gratis

Kirab Pusaka Malam 1 Suro di Solo, Tradisi Ratusan Tahun Keraton Kasunanan Surakarta

Jalan ke Solo? Ini Rekomendasi 7 Tempat yang Cocok Dikunjungi

Revitalisasi Keraton Kasunanan Dimulai September, Tahap I Sasar Alun-alun

5 Destinasi Wisata Budaya Populer di Solo yang Wajib Dikunjungi

4 Spot Foto Hits di Solo, Cocok buat Kamu yang Suka Hunting Tempat Unik

Plus Size Urban Style: Pagelaran Pre Event Solo Batik Fashion XV Sampaikan Pesan Body Positivity

Seharian di Solo, Ini 4 Lokasi Hunting Foto Instagramable Wajib Kamu Sambangi

Ganjar Blusukan ke Kampung Kauman, Sarankan Penataan Ulang

Berita Lainnya