Hard News

Masjid Raya Sheikh Zayed Resmi Dibuka untuk Umum Akhir Bulan Ini

Jateng & DIY

21 Februari 2023 18:03 WIB

Masjid Raya Sheikh Zayed menjadi salah satu spot wisata religi bagi masyarakat Solo maupun wisatawan dari luar kota. (Foto: Dok. solotrust.com/raihan)

SOLO, solotrust.com - Masjid Raya Sheikh Zayed Solo diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ), Senin (14/11/2022) lalu, akhirnya segera bisa dinikmati masyarakat umum. Peresmian sekaligus menggelar perayaan Isra Miraj.

Pengurus Masjid Sheikh Zayed sendiri rencananya akan membuka masjid hadiah Presiden Jokowi dari Pangeran UEA pada 28 Februari 2023. Masyarakat pun dapat memasuki area masjid mulai 1 Maret 2023.



Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Perencanaan Keuangan Hukum dan Kerja Sama Masjid Sheikh Zayed Solo, Munajat.

Ia mengatakan pembukaan masjid miniatur Sheikh Zayed Mosque di Abu Dhabi, UEA akhir bulan ini.

"Pembukaan harapannya nanti 28 Febrari atau 1 Maret masyarakat sudah bisa berkunjung di masjid," katanya, usai bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Senin (20/02/2023).

Sebelum resmi dibuka untuk umum, pengelola Masjid Sheikh Zayed rencananya melakukan simulasi jemaah yang akan berkunjung ke masjid. Simulasi dilakukan agar tak ada jemaah kesulitan dan memastikan kenyamanan beribadah.

"Dalam simulasi nanti kalau melihat jemaah datang gimana jadi biar mengalir, jemaah gimana kalau datang ada yang sakit gimana, nanti kalau hujan gimana. Ya semua kita simulasikan, jadi nanti biar jemaah, pengunjung yang datang itu bisa nyaman semua," kata Munajat.

Dalam simulasi nanti, pihaknya memastikan tidak akan ada batasan pengunjung yang hadir. Ia juga menyiapkan sejumlah petugas keamanan di sejumlah titik.

"Minggu ini aja ya dibatasi, kalau sudah nanti sudah buka sudah bebas.  Tak ada pembatasan pengunjung. Kami sedang simulasikan parkirnya, gimana keluarnya, datangnya gimana, ini akan kami simulasikan," beber Munajat.

Masjid Sheikh Zayed Solo rencananya dibuka mulai pukul 04.00 WIB hingga 21.00 WIB. Lebih lanjut, Munajat mengatakan Masjid Sheikh Zayed nantinya dipimpin dua Imam Besar dari Indonesia dan lima imam besar didatangkan dari UEA.

"Imam besar ada Mbah Kiai Abdul Rozak, wakilnya Gus Karim. UEA disiapkan lima imam besar, siapkan lima untuk Ramadan nantinya," jelasnya. (riz)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya