Serba serbi

10 Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Cocok Dikonsumsi saat Musim Kemarau

Tips & Trik

06 Juli 2023 15:05 WIB

Ilustrasi (Foto: Pixabay/galyafanaseva)

Solotrust.com - Saat musim panas seperti sekarang, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan dehidrasi, kelelahan, iritasi, dan kegelisahan. Dalam kondisi demikian, tubuh perlu meningkatkan asupan nutrisi.

Biasanya saat kemarau kita lebih memilih beraktivitas di dalam ruangan ber-AC atau menggunakan kipas angin agar terhindar dari dehidrasi.



Terkait itu, ada beberapa cara untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit saat musim kemarau. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang memberi efek dingin dan kaya kadar air.

Berikut sepuluh makanan dan minuman cocok dikonsumsi saat musim panas guna mengembalikan kadar air dalam tubuh.

1. Buah-buahan segar

Kondisi kemarau biasanya berbarengan musim buah-buahan berair, seperti jeruk, mangga, nanas, stroberi hingga tomat. Buah-buahan ini kaya vitamin C dan juga mengandung vitamin lainnya, seperti vitamin A, B, E, dan K.

Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi sehingga meningkatkan kekebalan tubuh. Buah-buahan menghidrasi seperti melon dan semangka adalah konsumsi terbaik untuk musim panas. Buah-buah ini kaya vitamin C dan membantu menjaga kadar air tubuh yang pada akhirnya membantu menjaga suhu tubuh.

2. Kacang kedelai

Sebaiknya hindari mengonsumsi daging saat cuaca panas karena dapat menyebabkan tubuh jadi lebih panas. Menurut Naresh, kacang kedelai adalah pengganti protein sempurna dan juga kaya mineral dan vitamin B.

3. Sayuran segar

Naresh menyarankan paprika, brokoli, kubis, kembang kol, mentimun, bayam, tomat, zucchini, adalah beberapa sayuran musim panas tak boleh dilewatkan. Sayuran ini tinggi antioksidan, serat, dan vitamin yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

4. Jagung

Jagung adalah makanan paling bergizi untuk dimakan di cuaca panas karena kaya serat, mineral, serta vitamin A, B, dan E. Ini mengurangi risiko degenerasi makula (umumnya menyebabkan kebutaan di usia tua) karena juga mengandung lutein dan zeaksantin.

5. Jamur

Jamur kaya vitamin B, D, tembaga, kalium, dan selenium, serta memiliki kalori rendah. Ini mengandung nutrisi yang menjaga irama jantung dan produksi sel darah merah. Jamur adalah salah satu makanan sempurna untuk dikonsumsi saat cuaca panas karena dapat membantu meningkatkan fungsi saraf. Jamur dapat diolah sesuai selera.

6. Rujak

Rujak merupakan jenis kudapan terbuat dari berbagai macam buah-buahan segar dipadukan berbagai macam bumbu, seperti gula merah, garam, dan cabai sehingga menghasilkan cita rasa asam pedas menyegarkan.

Rujak memiliki berbagai variasi dalam pengolahannya. Ada yang semua bahannya ditumbuk hingga halus dan merata, ada yang hanya bumbunya saja ditumbuk lalu dijadikan cocolan untuk buah-buahannya, dan berbagai macam olahan lainnya.

7. Makanan laut

Makanan laut seperti ikan, udang, dan kerang mengandung banyak asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Makanan laut juga rendah kalori dan tinggi protein, sehingga cocok untuk generasi muda yang ingin menjaga berat badan selama musim panas.

8. Es krim buah

Es krim buah adalah camilan sehat menyegarkan dan cocok untuk musim panas. Kamu dapat membuat es krim dengan mencampurkan buah-buahan segar, yogurt, dan madu kemudian dibekukan. Pastikan untuk mengonsumsinya dengan bijak dan tidak berlebihan.

9. Air kelapa

Air kelapa adalah minuman sehat dan menyegarkan. Air kelapa mengandung banyak elektrolit yang baik untuk menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu, air kelapa juga mengandung banyak kalium dan magnesium untuk menjaga kesehatan jantung.

10. Salad buah

Salad buah adalah makanan ringan dan sehat cocok dikonsumsi selama musim panas. Kamu dapat mencampurkan beberapa buah-buahan, seperti apel, anggur, stroberi, kiwi, buah naga, dan pear dengan sedikit madu dan yogurt, bisa pula ditambahi topping keju serut. Salad buah ini mengandung banyak nutrisi dan dapat membantu tubuh tetap terhidrasi saat musim kemarau.

Itu dia beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang cocok dikonsumsi selama musim kemarau. Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dan menjaga kesehatan dan jangan lupa minum air putih cukup setiap hari ya! (Arum)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya