Hard News

Kanwil Kemenkumham Jateng Kukuhkan Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM

Jateng & DIY

27 September 2023 14:03 WIB

Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM di wilayah Jawa Tengah dikukuhkan secara langsung Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kemenkumham RI (Dirjen HAM) Dhahana Putra di Hotel Aruss, Selasa (26/09/2023). (Foto: Dok. Istimewa)

SEMARANG, solotrust.com - Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah (Jateng) membentuk Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM. Gugus tugas ini bertujuan mendorong implementasi perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan HAM dalam dunia bisnis di Provinsi Jawa Tengah.

Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM di wilayah Jawa Tengah dikukuhkan secara langsung Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kemenkumham RI (Dirjen HAM) Dhahana Putra di Hotel Aruss, Selasa (26/09/2023).



Dirjen HAM, Dhahana Putra mengatakan, Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM bertugas mengoordinasikan upaya bisnis dan HAM di daerah sesuai tugas dan fungsi Kemenkumham.

”Kanwil Kemenkumham memegang peran dalam pengawasan terkait aktivitas bisnis yang sesuai dengan HAM,” urainya.

Dengan gugus tugas ini, harapannya akan menepis keraguan masyarakat terkait upaya pemerintah dalam menegakkan dan melakukan perlindungan HAM dari dalam maupun luar negeri sehingga tidak ada lagi stigma negatif.

”Ini membuktikan bahwa negara punya perhatian yang lebih terhadap perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan HAM,” tambah Dhahana Putra.

Kanwil Kemenkumham akan memberi panduan bagi pelaku usaha, sekaligus melakukan pengawasan serta kontrol dalam implementasi HAM dalam kegiatan bisnis.

”Terima kasih kepada seluruh instansi yang memberikan dukungan untuk menggaungkan penerapan nilai-nilai HAM dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dunia bisnis,” kata Dhahana Putra.

Dalam kesempatan sama, Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Hajrianor berharap gugus tugas daerah bisnis daerah dan HAM dapat meningkatkan koordinasi organisasi perangkat daerah (OPD) dan perusahaan di daerah.

“Adapun gugus tugas daerah dapat melakukan sosialisasi bisnis dan HAM, meningkatkan kesadaran perusahaan di wilayahnya mengenai bisnis dan HAM serta membantu mengawasi upaya bisnis dan HAM di daerah,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan pengukuhan perwakilan Friedrich Naumann Foundation, pejabat administrator dan pengawas kantor wilayah, serta kepala dinas terkait yang tertuang dalam SK Gugus Tugas.

(and_)