Hard News

Bupati Boyolali Ajak Tuntaskan Kemiskinan dan Tingkatkan Perekonomian

Jateng & DIY

9 Oktober 2023 12:01 WIB

Bupati Boyolali M Said Hidayat memberangkatkan ribuan peserta jalan sehat milad ke-25 BMT Tumang di Alun-alun Kidul kabupaten setempat, Sabtu,(08/10/2023)

BOYOLALI, solotrust.com - Bupati Boyolali M Said Hidayat memberangkatkan ribuan peserta jalan sehat milad ke-25 BMT Tumang di Alun-alun Kidul kabupaten setempat, Sabtu,(08/10/2023). Dalam kesempatan ini, ia mengajak untuk menuntaskan kemiskinan dan meningkatkan perekonomian di wilayahnya.
 
Bupati mengatakan, selama ini BMT Tumang sudah ikut serta meningkatkan  perekonomian masyarakat. Kendati demikian, semangat kegotong royongan warga harus terus lakukan.
 
“Kami apresiasi semangat dalam membangun Kabupaten Boyolali. Kami ucapkan selamat untuk BMT Tumang atas ulang tahunnya ke-25. Semangat gotong royong mari kita bangun bersama-sama," kata M Said Hidayat. 
 
Diutarakan lebih lanjut, perkembangan perekonomian tentu akan dapat menuntaskan angka kemiskinan di Boyolali. Kendati demikian, warga miskin di Boyolali perlu ada perhatian secara bersama.
 
“Mari kita tuntaskan angka kemiskinan di Boyolali dan kita juga harus memerhatikan warga miskin secara bersama-sama,” ujarnya.
 
Ketua pengurus BMT Tumang, Dwi Rohmiati, mengungkapkan sampai saat ini BMT Tumang memiliki puluhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan tersebar di Boyolali. 
 
“Kami memiliki UMKM binaan yang memasarkan berbagai produk dan saat ini kami hadirkan dalam acara ini. Dalam milad ke-25 ini kami juga menggelar berbagai kegiatan untuk masyarakat,” ungkapnya. 
 
Sementara itu, Direktur Utama KSPPS BMT Tumang, Sismanto mengatakan, selama musim kemarau ini BMT Tumang telah melakukan bakti sosial (Baksos) melalui dropping air bersih di wilayah kekeringan dan donor darah. 
 
“Kami juga melakukan baksos dropping air bersih terhadap warga yang mengalami kekeringan air. Selain itu, kami juga menggelar baksos donor darah dan santunan pembuatan sumur di wilayah kekeringan,” beber dia.
 
Selain kegiatan baksos, BMT Tumang juga cepat tanggap dalam menangani kebencanaan, seperti kebakaran di Boyolali dan Solo beberapa hari lalu.
 
“Kegiatan itu digawangi oleh departemen mal. Waktu ada kebakaran di Solo beberapa hari lalu kami juga ikut melakukan bakti sosial. Jadi dalam kebencanaan kami ikut terjun melakukan aksi sosial,” kata Sismanto. 
 
Terkait acara jalan sehat, start dan finish dilakukan di Alun-alun Kidul Boyolali. Panitia menyediakan hadiah utama umrah ke Tanah Suci serta puluhan hadiah lainnya, sperti mesin cuci, kipas, kulkas, dan motor listrik.      
 
Turut hadir dalam acara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda (Asisten II) Insan Adi Asmono serta sejumlah pengurus BMT Tumang. (jaka)

(and_)