Serba serbi

Nyicipin Gurihnya Dimsum di Alun-alun Kidul Solo, Murah dan Wow Banget

Wisata & Kuliner

07 Desember 2023 15:59 WIB

Egi tengah melayani pelanggan di lapaknya Tukuo Dimsum di kawasan Alun-alun Kidul Solo. (Foto: Dok. solotrust.com)

SOLO, solotrust.com - Halo sobat! Nongkrong di Alun-alun Kidul (Alkid) Solo kurang afdol rasanya kalau nggak ditemenin sama cemilan. Nah ngomongin soal jajanan pengganjal perut, ada rekomendasi oke nih buat kamu, yakni Tukuo Dimsum punya Pak Egi.

Seperti kalian ketahui Guys, dimsum akhir-akhir ini lagi jadi jajanan favorit dan bikin kenyang. Rasanya yang gurih dan enak jadi salah satu makanan cukup digemari semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.



Dimsum sendiri adalah istilah dari bahasa Kanton yang berarti "makanan kecil". Biasanya dimsum dimakan sebagai sarapan atau menu makan siang. Jenis makanan ini terdiri atas berbagai macam penganan kecil-kecil, biasanya dihidangkan bersama minuman teh sebagai pendamping bersantap.

Khusus buat kamu penikmat dimsum, tentunya sudah familier betul kalau menu ini terdiri atas beberapa jenis makanan, di antaranya ada bakpao, fung zau atau ceker ayam, siomay, dumpling atau pangsit goreng, hakau yang berisi udang, gyoza atau pangsit kukus, dan juga xiao long bao yaitu pangsit yang di dalamnya terdapat kuah.

Tukuo Dimsum Pak Egi sudah ada di Alun-alun Kidul Solo sekira dua tahun terakhir. Dimsum ini dijajakan di atas gerobak layaknya hik atau angkringan yang cukup populer di Kota Bengawan.


Egi mengklaim lapaknya sebagai pelopor angkringan dimsum pertama.

Angkringan dimsum Egi ini buka setiap hari saat sore sampai malam hari, tepatnya mulai pukul 15.00 hingga 21.30 WIB. Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi, mulai dari Rp1000 hingga Rp3000 saja.

Soal harga, aman Sob. Perlu kalian tahu nih, meski bahan-bahan pokok sedang naik, namun harga dimsum di angkringan Pak Egi ini nggak pernah naik loh.

Dimsum bergaya hik atau angkringan memang memberikan vibes tersendiri bagi para pecinta kuliner. Konsepnya yang terbilang unik mampu memikat orang untuk datang berkunjung.

Jadi nggak heran kalau Tukuo Dimsum selalu ramai pembeli, baik mereka yang sekadar nyicipin atau pun para pelanggan setia. Alhasil, Egi bisa mengantongi omzet hingga jutaan rupiah dari usahanya berjualan kudapan tradisional ala Tiongkok.


Omzet Tukuo Dimsum bisa sampai Rp1 juta, bahkan lebih dalam seharinya loh Guys. Lumayan besar juga kan ya.

Perlu kalian ketahui juga nih, rasa dimsum di Tukuo Dimsum ini enak banget. Nggak cuma gurih dari segi rasa, namun juga lembut saat menempel di lidah. Saus cocolannya juga nikmat banget, dijamin endul dan kamu pasti suka.

Egi berharap ke depan bisa lebih menurunkan harga dimsum jualannya jadi lebih murah lagi agar bisa menarik lebih banyak pelanggan.

"Harapan saya ke depannya itu supaya bisa lebih murah lagi ya, soalnya kalau mahal kami agak berat jualnya," ucap Egi ketika berbincang dengan solotrust.com belum lama ini.

Gimana, udah pada penasaran dan nggak sabar buat nyicipin kan? So, buat kalian pecinta dimsum cobain gih Tukuo Dimsum yang ada di Alun-alun Kidul Kota Solo. Jangan sampai nongkrong, tapi perutnya kelaparan yaa.

*) Reporter: Andira/Nola Febrianti/Widuri Salena Putri

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya