Hard News

Cek Logistik Pemilu di KPU Solo, Pj Gubernur Temukan 495 Kotak Suara Rusak

Sosial dan Politik

10 Januari 2024 16:05 WIB

Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana mengecek kesiapan alat kelengkapan pemilihan umum (Pemilu) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo, Selasa (09/01/2024)

SOLO, solotrust.com - Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana mengecek kesiapan alat kelengkapan pemilihan umum (Pemilu) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo, Selasa (09/01/2024). Dalam pengecekan ini ditemukan sebanyak 495 kotak suara mengalami kerusakan.

Nana Sudjana meninjau seluruh kesiapan KPU Solo berikut gudangnya yang berlokasi di belakang kantor setempat. Hasil pengecekan, ia menyebut logistik pemilu yang rusak akan dilaporkan dan kemudian dilakukan penggantian.



"Tadi kita lihat bersama ya memang ada sebagian yang rusak. Tadi yang rusak ini sudah disortir kemudian sudah dilaporkan ke KPU provinsi dan KPU RI untuk diganti," jelasnya.

Nana Sudjana mengatakan kerusakan logistik pemilu tak hanya terjadi di Solo, melainkan juga di sejumlah daerah lainnya.

"Terkait masalah ini, masalah alat kelengkapan pemilu hampir semuanya sudah dikirim dari ke kabupaten-kabupaten maupun kota," ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya berharap proses pengantian kotak suara rusak segera dikirim, mengingat pelaksanaan pemilu tinggal satu bulan lagi.

"Kita harapkan inilah hasilnya kesiapan-persiapan ini karena memang ya waktu tinggal satu bulan lagi, mepet ya ini sehingga harus segera disiapkan semuanya," kata Nana Sudjana.

Sementara untuk keamanan logistik pemilu, dia bilang telah mewajibkan KPU memasang CCTV dan menyiagakan sejumlah petugas keamanan.

"Jadi di setiap penempatan logistik untuk masa pemilu ini juga kita sediakan CCTV. Ada petugas-petugas yang mengamankan juga, baik dari KPU kemudian dari Polri, Satpol P, dan dari TNI dilaksanakan secara bergantian," beber Nana Sudjana.

 "Ini untuk menjaga aja, biasanya ada kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab bisa merusak atau pun mengganggu peralatan logistik," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Solo, Bambang Christanto, mengatakan total 495 kotak suara rusak. Pihaknya juga telah melaporkan kerusakan kotak suara kepada KPU RI.

"Ada sekitar 495 kotak suara rusak setelah kami sortir dan itu telah dilaporkan kemarin. Nanti akan dilakukan pengantian secepatnya oleh KPU RI melalui KPU provinsi," kata dia.

Total jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Solo sebanyak 448.656 orang. Jumlah total tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 1.773 tersebar di lima kecamatan. (add)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya