Hard News

Fungsikan Sumber Air Maksimal, PUDAM Tirta Lawu Pasang Pipa Air Bersih Jalur Selatan Karanganyar

Jateng & DIY

24 Februari 2024 14:38 WIB

Para direktur PUDAM Tirta Lawu Karanganyar saat meninjau pengerjaan megaproyek pemasangan pipa jalur Selatan Karanganyar Kota, Jumat (23/02/2024)

KARANGANYAR, solotrust.com - Pemasangan pipa air bersih jalur lingkar selatan (JLS) Karanganyar, sepanjang delapan kilometer dilakukan Perusahaan Umum Daerah Air Minum  (PUDAM) Tirta Lawu Karanganyar mulai dikerjakan. Megaroyek mulai dikerjakan pekan ini dengan pemasangan pipa air bersih berdiameter 250 mm di sekitar Reservoir Serut Karanganyar Kota. 
 
Direktur Teknik PUDAM Tirta Lawu, Suparno, mengatakan pengerjaan proyek akan dilakukan dalam tiga segmen. Adapun segmen pertama sepanjang 3,1 km menyambungkan pipa dari Reservoir Serut hingga Jembatan Temu Ireng Tegal Gede Karanganyar Kota.
 
Segmen kedua sepanjang 3,6 km dari Jembatan Temu Ireng hingga perempatan Kelurahan Lalung. Segmen ketiga menyambungkan perempatan Lalung hingga Selatan Taman Pancasila sepanjang 1,4 km.
 
"Pengerjaan tahap pertama dan kedua, pipa yang dipasang berdiameter 250 mm atau 10 dim. Segmen ketiga diameter pipa yang dipasang 200 mm atau 8 dim," paparnya, Jumat (23/02/2024). 
 
Suparno menambahkan, pipa jalur Selatan akan mengalirkan air dari sumber di kawasan atas yang belum semuanya terfungsikan dengan merata. 
 
"Saat ini pemasangan pipa untuk menyalurkan air yang belum terfungsikan guna pelayanan di kawasan Karanganyar kota di sisi Selatan," jelasnya.
 
Saat ini pelayanan PUDAM Tirta Lawu di kawasan Selatan kota belum optimal. Adanya proyek pipa air bersih di JLS diharapkan nantinya pelayanan bisa lebih optimal. 
 
"Penambahan sambungan rumah (SR) baru di kawasan Selatan. Jalur pipa JLS ini rencananya mencakup 9000-an pelanggan. Pekerjaan pemasangan pipa ditargetkan selesai dalam waktu 165 hari. Rinciannya, segmen pertama ditarget selesai 60 hari, segmen kedua 60 hari, segmen ketiga 45 hari," pungkas Suparno. (joe) 

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya