Hard News

Cegah Gangguan Distribusi ke Pelanggan, PUDAM Tirta Lawu Karanganyar Rutin Perbaiki Jaringan di Sumber Mata Air

Jateng & DIY

8 Agustus 2023 21:49 WIB

Petugas dari PUDAM Tirta Lawu Karanganyar sedang memperbaiki pipa jaringan ke pelanggan di Desa Pancot Tawangmangu, Selasa (08/08/2023)

KARANGANYAR, solotrust.com - Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Lawu Kabupaten Karanganyar terus melakukan upaya perbaikan pipa jaringan air, terutama di lokasi dekat sumber mata air. Perbaikan dilakukan agar distribusi air ke pelanggan tak mengalami gangguan.
 
Perbaikan jaringan air ini rutin dilakukan setiap tahun, terutama saat musim kemarau. Salah satu pipa jaringan dilakukan perbaikan adalah di wilayah Pancot, Kecamatan Tawangmangu. Hal ini disampaikan Direktur Teknik PUDAM Tirta Lawu Karanganyar, Suparno, Selasa (08/08/2023). 
 
Menurutnya, jaringan pipa sepanjang 40 meter di wilayah ini sangat rawan putus atau patah. 
 
"Kami memasang trash block (penyangga-red) agar pipa tidak patah. Pipa jaringan ini berada di tebing dan melalui lahan milik Perhutani sehingga sangat rawan,” papar Suparno.
 
Pipa jaringan ini menuju reservoir atau bak penampungan untuk melayani pelanggan di Kecamatan Matesih, Karangpandan, Karanganyar Kota, dan Kecamatan Jaten.
 
“Pagi tadi sempat ada gangguan sebentar. Untunglah siang sudah lancar distribusi air ke pelanggan. Sebelumnya kami juga sudah menyampaikan kepada para pelanggan jika ada proses perbaikan,” katanya.
 
Perhatian khusus juga dilakukan PUDAM terhadap jaringan yang ada di Kecamatan Jatipuro dan Jatiyoso. Pipa tertanam dalam tanah juga sangat rawan terjadi kerusakan, apalagi pada saat musim penghujan.
 
Karenanya, PUDAM melakukan pengawasan ekstra di kawasan ini. Apalagi sebelumnya pipa jaringan tertimbun longsor dan menggangu distribusi air ke pelanggan. (joe) 

(and_)