Hard News

Saksikan Pameran Foto Tragedi Mei, Ketua Komisi I DPR RI Terkenang Hal Ini

Jateng & DIY

17 Mei 2018 17:59 WIB

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari (kanan) bersama Sunaryo Haryo Bayu, saat melihat pameran foto tragedi Mei 1998. (solotrust.com/dit)


SOLO, solotrust.com- Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari memberikan apresiasi, atas pameran foto yang dilakukan oleh salah seorang pewarta senior asal Kota Solo Sunaryo Haryo Bayu. Pasalnya, dalam pameran tunggal ini, Yoyok sapaan akrab Sunaryo Haryo Bayu menampilkan koleksi karyanya pasa tragedi Mei 1998. Dimana waktu itu keadaan Kota Solo sangat mencekam.



Bahkan, ketika melihat gambar tersebut seolah memorynya beberapa tahun silam kembali diingatkan. Malahan ia mengakui jika kala itu, ia masih menjabat sebagai dosen di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

”Saya pernah melihat foto tragedi Mei 1998 di tempat lain, namun jumlahnya tak sebanyak ini. Melihat ini memory seolah kembali diingatkan,” jelasnya kepada wartawan di sela menyaksikan karya foto di Monumen Pers, Kamis (17/5/2018).

Ia tak menyangka jike keadaan Kota Solo yang aman dan tentram waktu itu, sekejap berubah.

”Waktu itu saya masih menjadi dosen UMS, saat kejadian saya tidak bisa kemana-mana, namun sore harinya saya bersama anak saya mengelilingi kota Solo naik motor, dan saya tidak bisa berkata apa-apa,” kenangnya.

Ia berharap peristiwa tersebut tak kembali terjadi.

”Kalau kerusakan bangunan bisa diperbaiki, namun kalau permasalahan psikis bagi korban? Itu membutuhkan waktu yang sangat lama dan bukan tak mungkin sampai saat ini kejadian tersebut masih diingat,” katanya. (dit)

(wd)