Ekonomi & Bisnis

BI Jateng Buka Layanan Penukaran Uang di Rest Area Tol Semarang

Ekonomi & Bisnis

23 Mei 2018 04:10 WIB

Seorang warga sedang tukarkan uang pecahan. (dok/antara)

SEMARANG, solotrust.com- Tradisi membagikan uang kepada anak-anak oleh orang tua menjadi tradisi di masyarakat saat lebaran tiba. Seiring berjalannya tradisi tersebut, diperkirakan penukaran uang pecahan akan meningkat. Banyaknya minat masyarakat khususnya pemudik untuk menukarkan uang lama dengan uang pecahan baru ini, Bank Indonesia Kantor Wilayah Jawa Tengah akan membuka layanan penukaran uang pecahan baru di tempat istirahat (rest area) Tol Ungaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Upaya ini dilakukan untuk memudahkan pemudik jika hendak menukarkan uang tanpa harus repot mencari tempat penukaran uang baru selama perjalanan.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo seusai  meresmikan pelayanan penukaran uang pecahan baru di Semarang Senin (21/5/2018) mengatakan, penyediaan layanan penukaran uang pecahan baru di rest area Jalan Tol Semarang dilakukan selama 3 hari, yakni mulai tanggal 5 hingga 7 Juni 2018.



“kita Bank Indonesia itu juga melakukan penukaran uang di rest area di Ungaran itu pada tanggal 5 sampai dengan 7. Kenapa pada tanggal itu, karena perkiraan kami pad atanggal itu sudah banyak pemudik yang menuju Jawa Tengah.” Jelas Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jateng Hamid Ponco Wibowo.  

Untuk  mencukupi kebutuhan penukaran uang pecahan baru selama masa lebaran tahun ini, Bank Indonesia Jateng menyiapkan uang pecahan baru sebanyak Rp.23.237.764.000.000, yang dibagi untuk 4 kantor perwakilan Bank Indonesia di Jateng, yakni Semarang, Solo, Purwokerto dan Kantor Perwakilan Tegal. Bank Indonesia mengingatkan masyarakat agar tidak  menukarkan uang di tempat umum, seperti di pinggir jalan yang tidak dijamin jumlah dan keasliannya.

Sumber: Antara 

(wd)