Hard News

Hari Jadi Ke-72, Pemkot Surakarta Launching APBD Online bernama INAB

Jateng & DIY

26 Juni 2018 10:37 WIB

INAB saat dilaunching dalam upacara peringatan hari jadi Pemkot Surakarta ke-72, Senin (25/6/2018). (solotrust.com/adr)

SOLO, solotrust.com- Momentum hari jadi Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta ke-72 dimanfaatkan untuk mengusung era keterbukaan informasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Solo kepada publik.

Dalam upacara Senin 25 Juni pagi, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo melauncing aplikasi Informasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (INAB).



Rudy mengatakan, dengan hadirnya aplikasi ini masyararakat bisa melihat dan memonitor secara rinci anggaran belanja dan pendapatan Pemkot Surakarta secara real time.

"Aplikasi ini memuat seluruh informasi tentang rincian APBD. Tidak hanya pada besarannya saja, tapi juga serapan anggaran dan program sampai ke level kegiatan kepada masyarakat," ungkap Rudy kepada wartawan usai upacara HUT Ke-72 Pemkot Surakarta di Stadion Sriwedari, Senin (25/6/2018).

Dengan aplikasi INAB, Rudy menjanjikan pemanfaatan APBD Kota Surakarta lebih transparan. Seluruh detil APBD sampai dengan kegiatan kepada masyarakat bisa diketahui melalui aplikasi ini.

"Perubahannya secara real time, semua bisa terpantau. Semisal ada organisasi perangkat daerah (OPD) membeli kertas bisa terlihat dari harganya berapa, kuantitasnya berapa rim. Semua bisa dilihat." Kata Rudy.

"Dengan keterbukaan ini, masyarakat bisa tahu OPD mana yang serapannya tinggi, mana yang rendah," imbuhnya

Adapun aplikasi INAB dapat diakses melalui aplikasi Solo Destination, yang bisa diunduh melalui smartphone. Selain itu juga bisa diakses melalui website dengan alamat www.apbd.surakarta.go.id.

Rudy berharap, dengan adanya keterbukaan informasi publik itu dapat mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memerangi korupsi, ketidakjujuran dan tindak indisipliner. (adr)

(wd)