Pend & Budaya

UKS Gelar Seminar Nasional Bahas Deradikalisasi Agama Melalui Pendidikan Agama

Pend & Budaya

25 Juli 2018 12:29 WIB

Rektor Universitas Kristen Surakarta Mardanung Patmo Cahjono, SE, Msc., Ak.

SOLO, solotrust.com - Universitas Kristen Surakarta menggelar seminar nasional dengan tema 'Deradikalisasi Agama Melalui Pendidikan Agama. Telaah Kritis Konten Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Dengan Nilai-Nilai Kedamaian, Cinta Kasih dan Pluralis', di GBI Keluarga Allah, Solo, Rabu (25/7/2018) pagi.

Seperti disampaikan Rektor UKS Mardanung Patmo Cahjono Kepada solotrust.com bahwa tema ini diusung sebagai wujud kepedulian sekaligus keprihatinan akan ancaman radikalisme dan terorisme di Indonesia.



"Melalui seminar nasional ini kami berikan pemahaman mapping potensi ajaran radikalisme agama melalui dunia pendidikan yang disisipkan ke dalam konten-konten kurikulum dan bahan ajar di dunia pendidikan," terang Mardanung.

Untuk itu, Mardanung mengatakan, melalui seminar ini UKS bersama Pembimas Kristen Kanwil Kemenag Provinai Jawa Tengah ingin mengkampanyekan semangat kesatuan persatuan saling menghormati meskipun berbeda suku, ras, agama dan golongan melalui pendidikan agama, baik di kalangan gereja maupun sekolah-sekolah formal dan non formal.

Dirinya berharap seminar nasioanal ini dapat memberikan pemahaman bahaya yang ditimbulkan akibat pemaknaan ajaran agama yang radikal dan pemaksaan pola pikir sektarian dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang plural dan heterogen dalam berbagai aspek.

" Kami ingin menanamkan kembali semangat cinta kasih, cinta tanah air dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan pendekatan dan kajian ilmiah, oleh sebab itu kami hadirkan guru pendidikan agama kristen dari SD hingga SMA atau sederajat agar menanamkan semangat ini kepada anak didiknya," harap Mardanung. (adr)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya