Hard News

Peduli Korban Gempa Lombok, Pehobi Jepang Solo Cosplay di Nightmarket

Jateng & DIY

14 Agustus 2018 17:34 WIB

Para cosplayer dan pehobi Jepang di Solo Raya melakukan aksi peduli korban gempa Lombok. (solotrust.com/rum)

SOLO, solotrust.com- Terkait bencana gempa di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menggugah kepedulian sosial saudara setanah air yang lain.

Salah satunya sekumpulan anak muda yang tergabung dalam komunitas penggemar budaya Jepang, Japanholic Solo Raya. Komunitas tersebut bekerjasama dengan berbagai komunitas budaya Jepang yang lain di Solo Raya. Untuk menunjukkan kepedulian sosial melalui kegiatan bertajuk Aksi Peduli Korban Gempa Lombok.



Koordinator Acara, Novan Aryadita Pradana mengatakan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memperlihatkan bahwa komunitas pehobi Jepang tidak dipandang sebelah mata.

"Kami ingin melakukan sesuatu hal yang positif dan membantu para korban gempa di Lombok dengan cara yang kreatif, yaitu cosplay," ujarnya pada solotrust.com di sela acara aksi peduli, Sabtu (11/8/2018).

Kegiatan dilakukan di area Night Market Ngarsopuro, pada Sabtu (11/8/2018). Belasan cosplayer dan puluhan pehobi Jepang bergabung dalam aksi tersebut.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah penggalangan dana dan foto bersama. Selain uang, ada pula dari para pehobi Jepang yang menyumbang berupa barang yang dibutuhkan para korban.

Selain dari Japanholic Solo Raya, bergabung pula dari komunitas Sukoharjo Japan Culture, Yonnin, Kuroneko, Kampung Wibu, Nuja, Onkei, Sannin, Ichiro Orenji, One Piece Lover Solo Raya, Otaku Solo Raya dan lainnya.

Para performer yang biasa memeriahkan Japanese Festival juga ikut aksi peduli seperti IOD, Dash, Subarashi, Iqus, Lovemade, Wotagei, Kimochi, Hellenistic, Blackpearl Crussader, Dejikai, dan lainnya.

Para pengunjung Night Market Ngarsopuro tampak antusias dengan para cosplayer, selain menyumbang, mereka juga tampak berfoto bersama. Bagi masyarakat yang menyumbang, diberi stiker dan origami sebagai ungkapan terima kasih.(Rum)

(wd)