Hard News

Pemkot Kembangkan Inovasi Layanan Adminduk Melalui Gadget

Jateng & DIY

3 September 2018 02:09 WIB

Suasana kegiatan sosialisasi inovasi Dukcapil dalam genggaman di CFD Jalan Slamet Riyadi, Minggu (2/9/2018) (dok. Humas Pemkot Surakarta)

SOLO, solotrust.com- Pemkot Surakarta menyelenggarakan sosialisasi inovasi baru berbasis daring dalam pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat kota Solo di Car Free Day Jalan Slamet Riyadi, Minggu (2/9/2018).

Kepala Seksi (Kasi) Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lusia Sari Murniati mengatakan aplikasi itu dinamakan Dukcapil dalam genggaman. 



Lusia menerangkan, dalam waktu dekat aplikasi berbasis android itu secara resmi segera dilaunching oleh Pemkot.

"Aplikasi ini dirancang untuk memudah kan pelayanan yang efektif dan eflsien," ujar Lusia

Lanjut dia, aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman terbagi dalam empat futur, yakni pengajuan layanan Adminduk meliputi layanan pengurusan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kematian, Perpindahan Keluar dan Kedatangan. 

"Aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman dapat diunduh gratis melalui Google Play Store, layanan tersebut sudah bisa diakses secara online melalui aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman," ujarnya.

Lusia berharap dengan hadirnya aplikasi tersebut dalam genggaman dapat memberikan kemudahan dan transparasi dalam pelayanan administrasi kependudukan yang tidak terbatas waktu.

"Jadi warga Solo kini tak perlu lagi antre dan menunggu lama untuk mengurus layanan administrasi kependudukan (adminduk)," harap dia. (adr)

(wd)