Hard News

Pendekatan pada Generasi Muda, SIPA Goes to Campus

Jateng & DIY

7 September 2018 13:04 WIB

Penampilan dari BKKT UNS saat acara SIPA Goes to Campus di auditorium UNS, Rabu (5/9/2018).

SOLO, solotrust.com- Pagelaran Solo International Performing Arts (SIPA) tahun 2018 ini dilengkapi serangkaian acara pendukung. Salah satunya adalah SIPA Goes to Campus yang diadakan di Auditorium Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Rabu (5/9/2018).

Tak hanya penyanyi indie Danilla Riyadi, SIPA goes to Campus juga didukung dengan kehadiran 3 kelompok seni dari kota Solo. Terdiri dari Keroncong Smaracatur dari SMA N 4 Surakarta, Badan Koordinasi Kesenian Tradisional (BKKT) UNS dan Fisip Meraung band.



Keroncong SMARACATUR atau Orkes Keroncong Smaracatur merupakan sebuah organisasi dari SMA N 4 Surakarta yang pernah menjadi salah satu line up sebelum Sarasvati naik panggung. Orkes Keroncong Smaracatur merupakan kelompok musik dari siswa-siswi SMA N 4 Surakarta ikut memeriahkan acara.

BKKT UNS merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang berasal dari Universitas Sebelas Maret Surakarta. BKKT juga merupakan organisasi yang menggeluti dalam kesenian tradisional maupun kesenian kontemporer.

BKKT UNS memiliki semboyan “Kuncara ruming bangsa dumunung ing luhuring budhaya.” Maknanya bahwa keagungan suatu bangsa akan terlihat dari budaya yang ada didalamnya.

Sedangkan Fisip meraung merupakan band humorecore yang identik dengan lirik bahasa Jawa. Para audiens sering dibuat bingung dan tertawa ketika mendengarkan lagu dari Fisip Meraung.

Pagelaran seni bertaraf internasional SIPA sendiri memasuki usia ke 10 pada tahun 2018. Di SIPA ke 10 ini, dilakukan gebrakan baru dengan berkerjasama bersama KMF Fisip UNS.

Direktur SIPA, Irawati Kusumorasri, menerangkan yang berbeda di tahun ini SIPA tidak hanya menampilkan seni pertunjukan di panggung, tapi juga merambah kampus dan cafe. Tujuannya untuk membuat pertunjukan musik yang sarat dengan anak muda.

"Untuk SIPA Goes to Campus diundanglah salah satu penyanyi indie yang sedang naik daun sebagai guest star yaitu Danilla Riyadi. Acara SIPA Goes To Campus ini bertujuan bahwa SIPA juga merangkul anak – anak muda agar ikut berpartisipsi dalam semarak SIPA Festival," tuturnya beberapa waktu lalu.(Rum)

(wd)