Senin , 25 Mei 2020

Begini Cara Mudah Buat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

14 Maret 2020 13:41 WIB


Hand sanitizer (Google)

Solotrust.com - Di tengah merebaknya virus corona (Covid-19) menjaga kesehatan dan kebersihan anggota tubuh pastinya sangatlah penting. Salah satu langkah sederhana yang dapat dilakukan, yakni mencuci tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer sebelum dan setelah beraktivitas.

Bagi kamu yang banyak beraktivitas di luar rumah tentu hand sanitizer sangat direkomendasikan untuk dibawa. Sayangnya, saat ini keberadaan gel pembersih tangan itu mulai langka, kalau pun ada harganya terbilang mahal. Namun jangan khawatir, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana. Penasaran? Simak ulasan berikut dilansir dari laman Hello Sehat, Sabtu (14/03/2020).



Alat dan bahan yang diperlukan

Membuat hand sanitizer alami di rumah, kamu perlu mempersiapkan alat dan bahan-bahan berikut ini.

1. 3 sendok makan gel lidah buaya (bisa kamu beli di toko kecantikan atau apotek).

2. Minyak esensial, kamu boleh mencampurkan beberapa jenis minyak esensial dan takarannya bisa disesuaikan dengan keharuman yang diinginkan (biasanya sekira 8 tetes). Minyak esensial berfungsi sebagai antibakteri dan antimikrobial yang efektif menghalau berbagai organisme penyebab penyakit

3. 1 sendok makan isopropyl alkohol (IPA) yang bisa dibeli di apotek

4. Mangkuk atau wadah kaca

5. Botol plastik kecil

Cara membuat hand sanitizer

1. Campurkan dan aduk merata semua bahan yang sudah kamu siapkan ke dalam mangkuk kaca.

2. Hindari mangkuk atau wadah plastik saat mengaduk adonan hand sanitizer. Ada risiko minyak esensial murni yang belum benar-benar menyatu dalam adonan akan merusak plastik. Namun, jika sudah teraduk hingga merata, wadah plastik boleh kamu gunakan.

3. Setelah semua bahan hand sanitizer tercampur dengan konsistensi yang baik (tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental), pindahkan ke botol plastik kecil. 

Hand sanitizer alami buatanmu pun siap untuk dibawa ke mana pun kamu pergi. Ketika menyimpan hand sanitizer buatan rumah ini, jangan lupa untuk menjauhkannya dari sinar matahari langsung. (and)


(redaksi)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com