Hard News

26 Positif Covid-19, Peserta Ijtima Ulama Gowa Asal Jateng Diminta Segera Lapor

Sosial dan Politik

22 April 2020 11:31 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: jatengprov.go.id)

SEMARANG, solotrust.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meminta warganya yang sempat mengikuti ijtima ulama di Gowa, Sulawesi Selatan, pada medio Maret lalu untuk melaporkan dan memeriksakan diri ke rumah sakit.

Pasalnya dari 1500 warga Jateng yang berangkat menghadiri acara itu, 26 orang di antaranya dinyatakan positif Covid-19. Sebelas orang berasal dari Banjarnegara, sebelas dari Wonosobo, dua orang dari Klaten dan dua lagi dari Solo.



“Ada satu orang dari Karanganyar yang sudah dinyatakan positif dan telah meninggal dunia,” kata Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah, Selasa (21/04/2020).

Saat ini, Dinas Kesehatan Jawa Tengah bersama pemerintah kabupaten/kota tengah melakukan penelusuran siapa saja warganya yang mengikuti acara ijtima ulama di Gowa. Meski demikian, Ganjar Pranowo meminta kesadaran warga untuk melaporkan diri.

“Warga yang dari Gowa tolong lapor lewat medsos, SMS, atau WhatsApp kepada RT, RW, lurah, camat, dinas kesehatan, atau rumah sakit agar kami bisa bantu panjenengan (anda-red). Tolong jujur, tolong cerita, kalau diam-diam akan bahaya, jujur itu penting. Kalau perlu sekarang ngacung (tunjuk jari-red) yang dari Gowa atau episentrum, tolong dengan kesadaran diri untuk melapor bahwa dari sana, bantu kami,” kata gubernur Jateng.

Imbauan serupa juga berlaku untuk warga Jateng yang memiliki riwayat perjalanan dari zona merah maupun daerah terjangkit lainnya, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

“Sampaikan kabar, habis datang dari zona merah, Jabodetabek, TKI, atau mungkin dari Gowa yang lagi banyak,” pungkasnya. 

(redaksi)