Hard News

Rumkitlap Solo Diresmikan, Dilengkapi Laboratorium

Jateng & DIY

24 Februari 2021 15:13 WIB

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari meresmikan rumah sakit lapangan (Rumkitlap) yang didirikan di Benteng Vastenburg Solo, Rabu (24/02/2021)

SOLO, solotrust.com - Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari meresmikan rumah sakit lapangan (Rumkitlap) yang didirikan di Benteng Vastenburg Solo. Peresmian rumkitlap dilengkapi laboratorium tersebut dilakukan Rabu (24/02/2021).

Secara otomatis, Rumkitlap siap dioperasikan di hari yang sama. Pangdam menekankan, pendirian Rumkitlap di Benteng Vastenburg dilakukan bedasarkan kondisi penyebaran kasus Covid-19 di Kota Solo dan sekitarnya.



"Rumkitlap ini dibangun sebagai respons kondisi penyebaran Covid-19, khususnya di Kota Solo dan sekitarnya. Kasus Covid-19 di Jawa Tengah sempat berada di angka tertinggi, termasuk di Solo," paparnya usai peresmian.

Rumkitlap dengan kapasitas seratus tempat tidur khusus untuk pasien Covid-19 tidak hanya akan melayani pasien dari Kota Bengawan, namun juga pasien dari wilayah Soloraya.

"Rumkitlap ini merupakan salah satu dari tiga rumah sakit (RS) lapangan yang dibangun TNI AD di Indonesia. Dua RS lapangan lain didirikan di Sulawesi Barat dan Jakarta," imbuh Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari.

Seperti diketahui, Rumkitlap Solo dilengkapi peralatan kesehatan bersifat portable sehingga memiliki efektivitas tinggi untuk memberikan pelayanan kesehatan di lapangan.

"Alat-alat penunjang operasional RS ini bisa dibongkar pasang dalam waktu cepat lalu dioperasikan. Seluruh alat yang digunakan bersifat portable, maka efektivitasnya bisa cepat untuk pelayanan di lapangan," tukas Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari. (awa)

(redaksi)