Entertainment

Kreator Demon Slayer Koyoharu Gotouge Masuk Daftar TIME 100 Next, Pertama Kalinya untuk Kreator Manga

Musik & Film

7 Maret 2021 10:01 WIB

Demon Slayer (Credit: Koyoharu Gotouge)

Solotrust.com -Tahun ini Majalah TIME memilih kreator "Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba" Koyoharu Gotouge sebagai salah satu orang yang masuk dalam daftar "TIME 100 Next" atau 100 orang yang diharapkan dapat membentuk masa depan. Dengan ini Gotouge menjadi kreator manga pertama yang masuk daftar itu.

Film anime "Demon Slayer: Mugen Train" yang didasarkan dari serial manga tersebut diketahui menduduki peringkat teratas box-office Jepang sepanjang masa, melampaui "Spirited Away", film anime keluaran tahun 2001 yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki.



TIME mengatakan bahwa itu adalah pencapaian surealis yang memperdalam minat pada penulis dan ilustratornya. TIME juga mengutip seorang editor di majalah kartun yang menerbitkan Demon Slayer, yang mengatakan bahwa kepribadian penulis tercermin dalam sifat serius, jujur, dan rasa tanggung jawab yang kuat dari karakter utamanya, Tanjiro Kamado.

Demon Slayer memang fenomenal. Berdasarkan penelitian Dai-ichi Life Research Institute Inc. tahun lalu, sebagaimana dilaporkan The Japan Times, "Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba" telah menghasilkan dampak ekonomi setidaknya 270 miliar Yen (sekitar Rp36,548 triliun) di Jepang.

Lembaga Think Tank tersebut mengatakan 85 miliar Yen berasal dari penjualan buku, lebih dari 50 miliar Yen dari penjualan terkait dengan film, dan lebih dari 130 miliar Yen dari penjualan barang-barang (merchandise) terkaitnya

Demon Slayer menjadi manga terlaris tahun 2020. Sebagaimana dikabarkan Crunchyroll pada awal Desember 2020, berdasarkan daftar yang dirilis Oricon, manga itu telah terjual sebanyak 82.345.447 kopi.

Dengan penjualan mencapai 82 juta, Demon Slayer pun menjadi seri manga terlaris, mematahkan rekor penjualan tahunan One Piece pada 2011 sebanyak 37.996.373 kopi.

Demon Slayer juga menjadi manga terlaris tahun 2019. Capaian itu menandai untuk pertama kalinya dalam 12 tahun seri One Piece tidak memuncaki chart ranking komik tahunan Oricon. Menurut data Oricon, manga itu terjual sebanyak 12.057.628, sedangkan "One Piece" sebanyak 10.134.232.

"Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba" bercerita tentang Tanjiro Kamado, seorang anak yang baik hati dan cerdas yang tinggal bersama keluarganya di era Taisho. Ia menjadi sumber pendapatan keluarga satu-satunya setelah ayahnya meninggal.

Semuanya berubah ketika keluarganya diserang dan dibantai oleh iblis. Tanjiro dan saudara perempuannya Nezuko adalah satu-satunya yang selamat dari kejadian itu, dengan Nezuko yang berubah menjadi iblis. Tetapi secara mengejutkan, Nezuko masih menunjukkan tanda-tanda emosi dan pemikiran manusia.

Setelah bertemu dengan Giyu Tomioka, pembunuh iblis, Tanjiro memutuskan untuk menjadi pembunuh iblis juga agar bisa membantu saudara perempuannya kembali menjadi manusia dan membalas kematian semua anggota keluarganya.

Manga ini telah diserialkan dalam Weekly Shonen Jump sejak Februari 2016, yang chapter-chapternya dikumpulkan dalam 17 volume pada Oktober 2019. Serial manga ini diterbitkan dalam bahasa Inggris oleh Viz Media dan secara simultan diterbitkan oleh Shueisha dalam bahasa Inggris dan Spanyol di platform Manga Plus. (Lin)

(wd)

Berita Terkait

Maskapai Jepang Akan Terbangkan Pesawat Demon Slayer

Jual Kue Demon Slayer Tanpa Izin, Seorang Wanita Didakwa Kepolisian Jepang

Demon Slayer: Mugen Train Raih Penghargaan Animation of the Year di Japan Academy Awards

Demon Slayer: Mugen Train Jadi Film Jepang Terlaris Di Dunia Sepanjang Sejarah

Manga Demon Slayer Telah Beredar Hingga 150 Juta Kopi di Seluruh Dunia

Lampaui Your Name, Demon Slayer: Mugen Train Jadi Film Anime Terlaris Kedua di Dunia Sepanjang Sejarah

Kreator Demon Slayer, Koyoharu Gotouge Ingin Buat Cerita Bergenre Komedi Romantis Fiksi Ilmiah untuk Proyek Selanjutnya

Mahasiswa KKN Kelompok 105 FKIP UNS Hadirkan Inovasi Teknologi di Karanganyar

Tenaga Honorer bakal Diganti PNS Part Time, Tertarik?

Keren! Wajah Danilla Riyadi Terpampang di Billboard Times Square New York

Aktris Squid Game Lee You Mi Ungkap Bekerja Part Time Sebagai Pengantar Makanan Sebelum Serial Itu Meledak

After School dari Weeekly Dipilih TIME Sebagai Salah Satu Lagu K-Pop Terbaik 2021 Sejauh Ini

ASAP dari STAYC Dipilih TIME Sebagai Salah Satu Lagu K-Pop Terbaik 2021 Sejauh Ini

Jalani Operasi Mata, Produksi Manga One Piece Disetop Sebulan, Oda: Beri Saya Sedikit Waktu

809 Calhaj Karanganyar Ikuti Pengajian Akbar Mangayubagyo Keberangkatan Calon Jemaah Haji

Sambut Natal, Persatuan Masyarakat Batak Soloraya Gelar Ibadah Bersama

Mengapa Karakter Inuyasha dan Ranma 1/2 Tidak Bisa Secara Langsung Mengucapkan Aishiteru?

Din Syamsudin Beri Tausiyah di Acara Mangayubagyo Calhaj Warga Muhammadiyah Karanganyar

4 Penerbit Terkemuka Jepang Akan Tuntut Cloudflare atas Pembajakan Manga

Berita Lainnya