Selasa , 11 Mei 2021

Sepasang Kawah di Gunung Dieng Ini Harus Dijauhi, Kenapa?

1 Mei 2021 11:48 WIB


Sejumlah wisatawan mengunjungi salah satu tempat wisata di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah.

DIENG, solotrust.com- Gunung Dieng di Jawa Tengah tergolong gunung api yang aktivitasnya berstatus normal sejak 2 Oktober 2017. Namun ada dua kawah yang harus dijauhi wisatawan saat berkunjung ke Dieng saat ini.

 “Agar tidak mendekati Kawah Sileri pada radius 500 meter dari bibir kawah serta tidak beraktivitas di sekitar Kawah Timbang untuk menghindari ancaman gas-gas vulkanik konsentrasi tinggi yang dapat membahayakan jiwa,” kata Penyelidik Bumi dari Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Supartoyo, Jumat (30/4/2021).



Gunung Dieng merupakan kompleks gunung api dengan aktivitas vulkanik yang tersebar pada 16 kawah. Saat ini, pemantauan PVMBG dilakukan pada dua kawah utama yang paling aktif, yaitu Kawah Sileri dan Kawah Timbang.

Petugas memantaunya dari Pos Pengamatan Gunungapi yang berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kawah Sileri pada Kamis (29/4/2021)  pukul 18.25 WIB mengalami erupsi freatik. Letusan itu dilaporkan petugas melontarkan material batuan sejauh 200 meter ke arah selatan disertai lumpur sejauh 400 meter. Begitu pun ke arah timur berupa material batuan sejauh 200 meter dan lumpur sejauh 300 meter dan mengalirkan lumpur sejauh 200 meter ke arah barat.

Menurut Supartoyo, erupsi dari Kawah Sileri Pegunungan Dieng itu bersifat freatik. “Lebih diakibatkan oleh over pressure dan aktivitas permukaan kawah,” kata dia.

Letusan hanya berlangsung singkat dan tidak mengarah ke erupsi yang lebih besar.

Meski begitu, PVMBG mengingatkan potensi bahaya terkait sifat dan karakter erupsi Gunung Dieng kepada warga maupun wisatawan. Potensi erupsi freatik masih bisa terjadi tiba-tiba tanpa didahului oleh peningkatan aktivitas visual atau pun kegempaan.

“Potensi ancaman bahaya berupa semburan material batuan dan lumpur di sekitar kawah,” ujarnya.

Sejauh ini, menurut Supartoyo, sebaran material erupsi pada 29 April 2021 masih pada radius Kawasan Rawan Bencana di Dieng yang direkomendasikan. Warga dan pengunjung saat ini diimbau untuk tidak memasuki area kawah Sileri dengan radius 500 meter dari bibir kawah Sileri. Selain itu, tidak beraktivitas di sekitar Kawah Timbang untuk menghindari ancaman gas-gas vulkanik konsentrasi tinggi yang dapat membahayakan jiwa. #teras.id

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com