Hard News

Diskominfo Boyolali Gelar Pentas Seni Virtual, Wujud Perhatian untuk Seniman

Jateng & DIY

7 September 2021 11:45 WIB

Seniman membawakan pentas Gulo Klopo dalam acara acara pentas seni tradisional secara virtual yang digelar mulai tanggal 5-17 September 2021. (Foto: Diskominfo Boyolali)

BOYOLALI, solotrust.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali menggelar acara pentas seni tradisional secara virtual yang digelar mulai tanggal 5-17 September 2021. Pentas seni virtual ini digelar sebagai bentuk diseminasiatau penyebaraninformasi.

“Bahwa pentas seni ini untuk mendesiminasikan terkait program-program pemerintah dan pembangunan dan juga melestarikan seni tradisional,”ucap Kepala Diskominfo Boyolali Bony Facio, saat memberikan sambutan pada pembukaan pentas seni virtual Minggu (05/09/2021).



Acara ini diikuti oleh 13 peserta, yaitu 12 kecamatan penghasil tembakau dan 1 penampil penutup dari FK Metra Kabupaten Boyolali.

Kecamatan Sawit sebagai penampil pertama membawakan pentas seni ketoprak berjudul “Sang Gulo Klopo”.

Gulo klopo melambangkan bendera Indonesia merah putih yang memiliki makna cukup mendalam, yaitu warna merah sebagai lambang keberanian sedangkan warna putih melambangkan hati yang suci.

Selain sebagai wujud diseminasi informasi, acara pentas seni virtual ini digelar sebagai wujud perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Boyolali terhadap seniman yang terdampak pandemi Covid-19.

“Ini adalah wujud perhatian Pemkab Boyolali terhadap seniman seniwati yang tidak bisa berkegiatan semasa pandemi. Meskipun kegiatan ini bisa menampung seniman di seluruh Kapubaten Boyolali tapi setidaknya mampu mengobati kerinduan mereka tampil di panggung,” jelas Bupati Boyolali M. Said Hidayat. (rizka)

(zend)