Hard News

IDC AMSI 2021, Menparekraf: Karimun Jawa Lokasi Diving Terbaik di Dunia

Nasional

17 November 2021 14:15 WIB

fauna bawah laut di spot diving Karimunjawa, Jepara. (Foto: karimun.co.id)

SOLO, solotrust.com - Indonesia Digital Conference (IDC) 2021 yang di gelar secara virtual melalui zoom dan live stream di channel YouTube Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) pada Selasa (16/11) dengan mengangkat tema Digitalisasi Pariwisata Karimun Jawa.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan bahwa pulau Karimunjawa, Jepara, merupakan pulau dengan destinasi diving (menyelam, red-) terbaik di Indonesia maupun dunia.



Beberapa fauna langka yang menjadi ciri khas Karimunjawa antara lain elang laut, elang-laut dada-putih, penyu sisik, dan penyu hijau dapat dijadikan sebagai daya tarik wisatawan lokal maupun internasional.

"Banyak sekali potensi yang dapat digali di Karimunjawa, dan potensi tersebut dapat didukung dengan adanya digitalisasi pada aspek pariwisata, seperti pembuatan konten video yang dapat diunggah di media sosial sebagai media promosi, pembuatan aplikasi pendukung perjalanan hingga menerapkan metode pembayaran secara digital,” terangnya.

Pandemi Covid 19 mengingatkan betapa teknologi informasi sangat bermanfaat dalam dunia pariwisata dan ekonomi kreatif. Selain itu melalui teknologi informasi juga dapat mengikat hati para wisatawan melalui konten ataupun video yang menarik.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dapat mempermudah pelancong dalam pemesanan akomodasi, transportasi serta mempermudah para wisatawan untuk mendapatkan informasi mengenai tempat wisata.

Adanya sistem internet yang cepat, perangkat digital yang lengkap, video dan foto yang menarik, narasi dan keterangan berupa audio yang baik dan situasi objek wisata yang bersih serta menaati protokol kesehatan adalah unsur penting berjalannya digitalisasi pariwisata.

"Saya berharap kegiatan ini dapat mendukung suksesnya kegiatan digitalisasi pariwisata Indonesia yang mengutamakan kolaborasi dan kerjasama berbagai pihak," pungkas Sandi. (anis)

(zend)

Berita Terkait

Berita Lainnya