Hard News

Catat! Kirab Api Obor di CFD akan Dihadiri Artis hingga Menparekraf Sandiaga Uno

Nasional

23 Juli 2022 14:28 WIB

ASEAN Para Games XI tahun 2022 di Kota Solo. (Foto: Istimewa)

SOLO, solotrust.com - Kirab api obor atau Torch Relay gelaran olahraga ASEAN Para Games (APG) XI akan diselenggarakan saat Car Free Day pada Minggu (24/7) di sepanjang Jalan Slamet Riyadi menuju Balai Kota Solo. Kirab obor APG XI ini dimulai pada pukul 06.00 - 09.00 WIB.

Torch Relay melibatkan mantan atlet, Forum Komunikasi dan Perangkat Daerah (Forkopimda) Solo hingga artis pendukung.



Tak hanya itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Indonesia Sandiaga Uno pun juga dijadwalkan akan ikut menyemarakkan acara ini.

Ketua Pelaksana Inaspoc Gibran Rakabuming Raka mengonfirmasi hal tersebut. Namun pihaknya belum memberi informasi lebih lanjut mengenai kehadiran Sandiaga Uno dan para menteri lain.

"Mantan atlet bukan yang tanding. Mantan, menteri, artis yang sudah konfirmasi, lalu ana (ada-red) aku karo forkopimda," ucap Gibran sat berada di pelataran Rumah Dinas Loji Gandrung, Jumat (22/7).

Pihaknya bermaksud memberi kejutan bagi warga Solo yang hadir dalam CFD akhir pekan nanti.

Para pihak yang terlibat akan berlari mengestafetkan api obor dengan jarak setiap 200 meter secara bergantian. Nantinya api yang di ambil dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah ini akan menempuh jarak 5 kilometer dari Purwosari menuju Balai Kota Solo yang berjarak 5 kilometer.

Selain itu, Inaspoc akan menghadirkan reog dan beberapa pertunjukan lain yang dipasang di setiap perempatan sepanjang jalur kirab.

"Dari dinas dah nyiapkan reog, dan lain-lain. Di sepanjang perempatan. Bukan reog tok," jelasnya.

Meski melibatkan orang-orang penting, namun pihaknya mengaku tak membatasi masyarakat yang ingin berolahraga.

"Nggak disteril kan, biar membaur aja. Pokoke nanti sing penting warga disitu CFD-an kayak biasane wae sing penting tertib memberikan jalan," tukasnya. (riz)

(zend)