Hard News

Dipilih sebagai Isoter Khusus Nakes, Seperti Ini Fasilitas dan Kapasitas Dinasty Hotel yang Disiapkan

Jateng & DIY

25 Februari 2022 16:49 WIB

Penampakan bagian dalam salah satu kamar Dinasty Hotel yang disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sebagai tempat isolasi terpusat (Isoter) bagi tenaga kesehatan (nakes). (Foto: Instagram.com/dynastyreservation)

SOLO, solotrust.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tengah menyiapkan isolasi terpusat baru khusus bagi tenaga kesehatan (nakes) di Dinasty Hotel yang berlokasi di Jl. MT Haryono No.80, Manahan, Banjarsari.  Penyiapan isoter khusus nakes itu menyusul laporan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Siti Wahyuningnsih per 1-23 Februari 2022 terdapat 589 kasus Covid-19 di kalangan nakes.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Niko Agus Putranto mengatakan Dinasty Hotel memiliki kapasitas sebanyak 27 kamar yang dapat menampung 50-60 pasien isolasi. Isoter tersebut nantinya akan dihuni baik pasien isolasi laki-laki maupun perempuan, yang ditempatkan secara terpisah.



“Ada 27 kamar, 50-60 pasien, karena satu kamar bisa dua orang ada yang tiga orang, dan yang family itu bisa empat orang,” katanya kepada wartawan Jumat (25/2) siang.

“Semua (laki-laki dan perempuan), karena kita punya tempatnya baru satu. Ini teknisnya kita bagi dulu, nanti yang laki-laki dan perempuan gitu,” lanjutnya.

Selain itu, untuk menunjang masa penyembuhan pasien isolasi, pihak hotel dan BPBD juga menyiapkan ruang terbuka yang dapat digunakan untuk aktivitas penunjang imunitas. Dikatakan Niko, fasilitas seperti ini juga menjadi syarat bagi tempat untuk ditetapkan sebagai tempat Isoter.

“Yang penting ada ruang terbuka-nya sehingga yang berada di sana, pertama bisa nyaman, kemudian bisa melakukan aktivitas olahrga, berjemur, sehingga pemulihan kesehatannya kan lebih cepat,” terangnya.

Untuk fasilitas lain, pihak BPBD akan menyediakan akan menyediakan fasilitas-fasilitas seperti makan 3 kali bagi pasien isolasi, sedangkan fasilitas lain akan disiapkan pihak hotel.

“Ya mungkin hampir sama dengan isoter yang kita lakukan tentunya, kita ada makan tiga kali. Fasilitas, kalau fasilitas kebersihan tentu dari pihak hotel ya, keperluan mandi keperluan itu semua dari hotel, dari sisi makanannya dari kita,” tukasnya. (dks)

(zend)