Hard News

Banyurowo Dicanangkan sebagai Kampung Pancasila

Sosial dan Politik

25 Mei 2022 17:05 WIB

Pencanangan Banyurowo sebagai Kampung Pancasila ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz, Rabu (25/05/2022). (Foto: Dok. solotrust.com/Muhammad Minan)

REMBANG, solotrust.com - Dukuh Banyurowo Desa Sulang, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang dicanangkan sebagai Kampung Pancasila, Rabu (25/05/2022). Warga menjaga toleransi beragama dan hidup rukun menjadi alasan kuat mengapa daerah ini pantas dinobatkan sebagai Kampung Pancasila.

Dukuh Banyurowo juga terdapat sejumlah tempat ibadah seperti masjid dan gereja yang lokasinya berdekatan. Hal itu semakin mempertegas betapa kuatnya jalinan kerukunan antarumat beragama.



Bupati Rembang, Abdul Hafidz dalam kesempatan itu mengatakan pencanangan Banyurowo sebagai Kampung Pancasila bisa menjadi contoh bagi wilayah lainnya. Di sana, warganya selalu menjaga kebersamaan, kerukunan, toleransi, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Ayo bersama bersatu padu membangun kerja sama, mendukung pembangunan di Kabupaten Rembang yang didasari dengan Pancasila," imbuhnya.

Lebih lanjut, bupati berharap adanya Kampung Pancasila dapat menumbuhkan rasa nasionalisme, mencegah paham radikalisme, dan menggelorakan gotong royong agar tidak dirongrong negara lain.

"Semoga di masing-masing desa di Kecamatan Sulang dapat mencontoh pembentukan Kampung Pancasila yang ada di Dukuh Banyurowo Desa Sulang ini," ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0720 Rembang, Letkol Kav Donan Wahyu Sejati, menuturkan Pancasila sebagai ideologi bangsa harus terus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Kampung Pancasila menjadi salah satu cara untuk menjaga dan memelihara Pancasila, yakni melestarikan nilai yang terkandung dan bersama menciptakan kerukunan.

"Pancasila sesuai dengan arahan Bapak Kasad untuk jajaran Angkatan Darat, Bapak Jenderal Dudung menyampaikan, segera menyosialisasikan lebih luas lagi, khususnya dengan pembentukan Kampung Pancasila ini," tuturnya.

Pencanangan Banyurowo sebagai Kampung Pancasila ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz. Sebelum Banyurowo Desa Sulang, Desa Sumberjo, Kecamatan Rembang juga telah dicanangkan sebagai Kampung Pancasila pada 31 Maret 2022 lalu. (mn)

(and_)