Hard News

25 Agustus Solo Migrasi ke TV Digital, Kominfo Bagikan STB Gratis

Jateng & DIY

18 Agustus 2022 15:01 WIB

Ilustrasi (Foto: Freepik)

SOLO, solotrust.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia (RI) akan melakukan migrasi TV analog ke TV digital tahap dua, salah satunya mencakup Kota Solo pada 25 Agustus 2022.

Migrasi akan dilakukan serentak. Mekanisme perpindahan TV analog ke digital, masyarakat mesti memasang set top box (STB) untuk menikmati layanan TV digital tanpa perlu mengganti TV analog.



Sementara, Kominfo akan membagikan sekira 30.003 set top box gratis kepada masyarakat kurang mampu di Kota Solo demi mendukung percepatan migrasi. Set top box hanya dibagikan masing-masing satu unit per-satu Kartu Keluarga (KK).

Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggara E-goverment Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Solo, Isnanwi, mengatakan data itu mesti diverifikasi terlebih dulu sebelum disalurkan set top box gratis.

"Ditjen Dukcapil mengirimkan data ke kita itu jumlahnya sekitar 30.003 KK untuk Kota Solo, terus mereka minta itu diverifikasi di lapangan. Apakah alamat ada di situ, masih ada atau tidak. Apakah TV-nya analog apa digital, kalau TV-nya sudah digital ya nggak usah dikasih. Apakah mereka mau diberi STB itu, kalau enggak mau ya enggak masalah," urainya, Selasa (16/08/2022).

Isnanwi memaparkan verifikasi dilakukan melalui koordinasi wilayah di tingkat kecamatan hingga RT.

"Verifikasi sudah dilakukan lewat kecamatan. Selanjutnya dari kecamatan disebar ke kelurahan, dan dari kelurahan disebar ke RT, terus dikembalikan," katanya.

Sementara itu, distribusi set top box akan dilakukan pihak ketiga. Nantinya set top box juga akan dipasang di lokasi alamat penerima set top box gratis.

"Pihak ketiga akan datang ke masing-masing alamat yang sudah diverivikasi dipasangkan di lokasinya, disetkan sampai nyala," jelas Isnanwi.

Migrasi TV digital merupakan program dari Kominfo dilakukan melalui tiga tahap sejak April hingga November nanti.

Isnanwi menyebut TV digital nantinya bakal memiliki kualitas tayangan lebih jernih sehingga masyarakat akan menikmati layanan TV lebih baik.

"TV digital intinya lebih jernih karena menggunakan teknologi mutakhir, sehingga tidak ada semut-semutnya," pungkasnya. (dks)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya