Hard News

Pospenas IX Usai, Kontingen Serbu Kuliner dan Oleh-oleh Khas Solo

Jateng & DIY

26 November 2022 23:31 WIB

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama, Waryono Abdul Ghafur [kiri] dan Ketua Panitia Pospenas IX 2022 Nur Abadi [kanan] saat menghadiri konferensi pers di Balai Kota Solo, Sabtu (26/11/2022). (Foto: Dok. solotrust.com/rizka)

SOLO, solotrust.com - Pertandingan Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Nasional (Pospenas) IX telah rampung digelar, Jumat (25/11/2022). Penutupan kegiatan digelar di Benteng Vastenburg, Sabtu (26/11/2022) malam.

Mengisi kekosongan hari usai rangkaian laga di Pospenas, para kontingen menyerbu kuliner dan pernak-pernik khas Solo. Selain itu, kontingen juga melakukan city tour ke beberapa wilayah wisata di Soloraya. c dimulai dari pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.



Ketua Panitia Pospenas IX 2022, Nur Abadi, mengungkap seluruh provinsi yang hadir dalam ajang ini telah disediakan armada untuk memobilisasi acara city tour.

"Kami telah tentukan beberapa titik yang berada di Kota Solo, seperti pusat oleh di Pasar Klewer, museum dan wisata di Kota Bengawan. Mereka bebas memilih tempat wisata, tadi juga ada yang sampai Tawangmangu, pabrik gula di Colomadu hingga ada yang di Ratu Boko dan Prambanan," ungkapnya.

Dikatakan, kegiatan ini disambut antusias para kontingen. Pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Solo untuk menambah bus jika diperlukan. Hal ini merupakan bagian dari memutar roda perekonomian daerah.

"Memang dari ponpes (pondok pesantren) yang hadir ini lebih banyak penggembira dari atlet yang bertanding. Perbandingannya sangat signifikan, para santri pada pembukaan itu mencapai 20 ribu. Alhasil, mulai dari tempat penginapan, makan, oleh-oleh, tranportasi, dan sebagainya kecipratan,"  beber Nur Abadi.

Diharapkan, hal itu dapat memberi kontribusi signifikan bagi perekonomian masyarakat Kota Solo dan sekitarnya.

"Tentunya tidak hanya Solo yang mendapatkan cipratan. Ini sangat menarik bagi saya dalam kontribusi ini," pungkasnya. (riz)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya