Hard News

Soal KDRT Anggota TNI, Kapendam IV: Tersangka telah Diproses Hukum

Hukum dan Kriminal

2 Desember 2022 02:33 WIB

Kapendam IV/Diponegoro, Kolonel Inf Bambang Hermanto saat memberikan keterangan kasus KDRT anggota TNI, Kamis (01/12/2022). (Foto: Dok. solotrust.com/fajar)

SEMARANG, solotrust.com – Viral video anggota Persit melaporkan tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dilakukan Serda Luthfie Puguh Baehaqi, anggota Ajendam IV/Diponegoro.

Menanggapi hal itu, Kapendam IV/Diponegoro, Kolonel Inf Bambang Hermanto, mengungkapkan kasus tersebut telah ditindaklanjuti sesuai aturan berlaku.



"Pada tanggal 20 Juli 2022 lalu oleh Denpom IV/3 Salatiga berkas perkara KDRT yang diduga dilakukan Serda Luthfie Puguh Baihaqie tersebut telah dilimpahkan ke Odmil II-9 Semarang dan Papera," ungkapnya.

Selain itu, Kolonel Inf Bambang Hermanto menambahkan, sesuai Keputusan Pangdam IV/Dip Nomor Kep/511/X/2022 tanggal 31 Oktober 2022, perkara KDRT tersangka Serda Luthfie Baehaqie, anggota Ajendam IV/Dip telah diserahkan ke Pengadilan Militer II-10 Semarang untuk diproses secara hukum pidana.

"Saat ini perkara KDRT tersangka Serda Luthfie Baehaqie, Ba Ajendam IV/Dip, masih menunggu sidang di Dilmil II-10 Semarang," imbuhnya.

Sejak persoalan itu dilaporkan korban, satuan terkait telah melakukan upaya mediasi sebanyak tiga kali. Namun, langkah tersebut tidak mencapai titik temu sehingga kasus dilanjutkan ke proses hukum dan hingga kini masih dalam penanganan pihak berwajib.

Kapendam berharap pihak keluarga agar bersabar menunggu kasus ditangani dan diputuskan pengadilan. Hal ini membutuhkan waktu hingga kasus tersebut selesai.

Persoalan ini sebagai pembelajaran bersama, khususnya untuk prajurit Kodam IV/Diponegoro, pengabdian sebagai prajurit profesional dimulai dari keluarga harmonis. Terwujudnya suasana keluarga kondusif, praktis kondisi lingkungan kerja juga akan nyaman.

"Semuanya dimulai dari keluarga, membangun kekompakan antara suami dan istri, maka di satuan pun akan kompak dan bersinergi menjadi suatu kekuatan," pungkasnya. (fjr)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya