Hard News

Long Weekend, Dishub Kerahkan Tambahan Petugas

Jateng & DIY

29 Maret 2018 15:27 WIB

Ilustrasi.

SOLO, solotrust.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta tengah mempersiapkan penambahan petugas lapangan pada Jumat-Minggu (30/3-1/4/2018). Upaya ini dilakukan guna mengantisipasi kemacetan yang terjadi di Kota Solo pada libur panjang akhir pekan ini.

"Jelas ada penambahannya. Sedang kita hitung, jumlah pastinya berapa. Tapi yang pasti lebih dari 150 orang petugas," jelas Kepala Dishub Surakarta, Hari Prihatno, Kamis (29/3/2018).



Selain penambahan personel di lapangan, pihaknya juga menyiagakan petugas 24 jam di ruang CCTV dan Control Room Dinas Perhubungan. Petugas ini akan melakukan intervensi terhadap Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) bila terjadi kemacetan sewaktu-waktu.

"Sejumlah petugas juga akan ditempatkan di kawasan bisnis dan perdagangan, seperti pasar dan mall, serta kawasan rawan kemacetan seperti terminal dan stasiun," kata dia.

"Termasuk kawasan-kawasan yang rawan macet, seperti Jl. A Yani, Jl. Adi Sucipto, Jl. Kapten Mulyadi dan lain kawasan masuk kota Solo lainnya." imbuhnya.

Di sisi lain, dalam menghadapi musim liburan, Dishub memutuskan tidak akan merubah Manajemen Rakayasa Lalulintas (MRLL) di kawasan sekitar pembangunan overpass Manahan. Lalulintas di kawasan tersebut tetap menjadi prioritas utama petugas dalam mengurai kemacetan.

"Tidak diberlakukan MRLL baru. Hanya memang ada penambahan petugas di beberapa titik rawan kemacetan. Kalau overpass masih jadi prioritas utama petugas," pungkasnya. (vin)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya