Pend & Budaya

Festival Payung Indonesia 2023, Bentuk Perayaan Sejarah dan Keragaman Kota Solo

Pend & Budaya

09 September 2023 11:01 WIB

Festival Payung Indonesia (Fespin) X 2023 resmi dibuka di Plaza Balai Kota Solo, Jumat (08/09/2023) sore. Agenda tahunan ini diselenggarakan selama tiga hari, Jumat hingga Minggu (08-10/09/2023). (Foto: Dok. solotrust.com/Ovilia Majesty)

SOLO, solotrust.com - Festival Payung Indonesia (Fespin) X 2023 resmi dibuka di Plaza Balai Kota Solo, Jumat (08/09/2023) sore. Agenda tahunan ini diselenggarakan selama tiga hari, Jumat hingga Minggu (08-10/09/2023).

Direktur Festival Payung Indonesia, Heru Mataya, mengatakan festival kali ini mengusung tema 'Sepayung Bumi, Alam adalah Kita.' Dipilihnya titik nol Kota Solo sebagai lokasi lantaran festival ini sebagai bentuk perayaan sejarah dan keragaman Kota Solo.



"Hari ini kita di balik Kota Surakarta, salah satu titik penting Kota Solo. Di belakang titik nol Kota Solo, kita pilih tempat di sini karena kita ingin merayakan sejarah Kota Solo, merayakan keragaman Indonesia melalui Kota Solo. Kalau kita lihat di belakang panggung ini yang menjadi background adalah Pasar Gede," kata dia di sela pembukaan Festival Payung Indonesia X.

Di lain pihak, Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Nia Niscaya, mengungkapkan membuat kegiatan semacam ini tak begitu sulit. Adapun yang sulit adalah mempertahankannya.

"Membuat event (kegiatan-red) itu gampang, yang sulit mempertahankan. Ternyata Festival Payung Indonesia mampu untuk itu. Kami menyambut baik karena festival ini mempertemukan para perajin payung tradisi, komunitas, dan seniman dari lintas disiplin mana pun," ungkapnya

Lebih lanjut, Nia Niscaya berharap para stakeholder bisa terus mempertahankan gelaran festival rakyat ini.

Salah seorang dari Yogyakarta, Sri Darmi mengaku takjub dengan gelaran Festival Payung Indonesia.

"Saya ke sini sekeluarga mau menyaksikan festival payung. Ternyata ramai juga, payung yang ada di sini sangat bagus bagus sekali," ucapnya.

Sri Darmi berharap acara ini berjalan lancar dan para perajin payung dapat terus menampilkan karya-karyanya di dalam maupun luar negeri.

Selain festival payung, di lokasi acara juga terdapat beberapa stan makanan yang bisa dinikmati pengunjung sembari melihat keindahan aneka bentuk dan motif payung.

*) Reporter: Ovilia Majesty/Satria Kusuma

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya