Ekonomi & Bisnis

Hadirkan Layanan Istimewa, KAI Luncurkan Kereta Suite Class Compartment

Ekonomi & Bisnis

12 Oktober 2023 14:34 WIB

PT Kereta Api Indonesia (KAI Persero) meresmikan Kereta Suite Class Compartment di Stasiun Gambir, Selasa (10/10/2023). (Foto: Dok. Istimewa/kai.id)

JAKARTA, solotrust.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI Persero) meresmikan Kereta Suite Class Compartment di Stasiun Gambir, Selasa (10/10/2023).

Kereta ini dirangkaikan pada KA Bima relasi Gambir - Surabaya Gubeng pp (keberangkatan dari Gambir pukul 17.00, tiba di Surabaya Gubeng pukul 03.30. Keberangkatan dari Surabaya Gubeng pukul 19.20, tiba di Gambir pukul 06.00), serta KA Argo Semeru relasi Gambir - Surabaya Gubeng pp (keberangkatan dari Gambir pukul 06.20, tiba di Surabaya Gubeng pukul 16.50. Dan Keberangkatan dari Surabaya Gubeng pukul 09.05, tiba di Gambir pukul 19.40).



Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, mengatakan Kereta Suite Class Compartment didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal. Dalam satu kereta terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing pelanggan.

Di tiap ruangan telah terpasang pintu geser yang dapat digerakkan secara otomatis. Desain ruangan didominasi warna cokelat keemasan dengan pencahayaan temaram guna memberikan kenyamanan pelanggan. Kereta Suite Class Compartment dihiasi dekorasi terinspirasi dari suku Dayak.

Adapun kursinya dapat direbahkan (reclining) hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur. Kursi ini dapat diputar (revolving) sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api.

Selain sudut kemiringan sandaran kepala, kaki, dan badan, tingkat kehangatan dari kursi ini juga bisa diatur. Kursi ini juga memiliki fitur pijat yang bisa disetel untuk berbagai teknik pijatan. Pada kursi ini juga ada baki lipat yang bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja.

Di sisi dekat jendela terdapat Train Onboard Infotainment System berisi aneka film populer, musik dengan berbagai genre, hingga kanal televisi nasional yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan. Pelanggan juga dimanjakan layanan makanan berupa hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, serta aneka minuman dan berbagai layanan spesial lainnya.

"Melalui hadirnya Kereta Suite Class Compartment, KAI ingin menghadirkan customer experience yang exceptional dan extraordinary guna meningkatkan kualitas pelayanan lebih baik. New customer experience yang sifatnya pengalaman pribadi dan privasi penuh dengan kemewahan," kata Didiek Hartantyo dalam siaran pers.

Kereta Suite Class Compartment diluncurkan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-78 KAI yang jatuh pada 28 September 2023. KAI terus melakukan inovasi dan layanan sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan lebih baik kepada pelanggan.

Kereta Suite Class Compartment merupakan konsep kelahiran kembali KA Bima atau KAI memaknainya dengan Bima Reborn. Awalnya KA ini merupakan kereta api kelas tertinggi. KAI terus melakukan inovasi, kreasi, dan adaptasi dalam menghadapi perubahan yang terjadi.

Pelanggan KAI sekarang ini 80 persen merupakan Gen y dan Gen z. Salah satu karakteristiknya selalu mendambakan pengalaman baru. Kereta Suite Class Compartment ini merupakan pengalaman baru diilhami KA Bima yang dulunya merupakan layanan sangat eksklusif.

“Kereta Suite Class Compartment merupakan suatu layanan yang sifatnya high-end. Kereta ini merupakan suatu kelas yang lebih tinggi satu level dibandingkan kereta Luxury. Ini sekelas dengan first class maskapai penerbangan kelas dunia. Untuk itu, mari kita sambut dengan pelayanan yang betul-betul berkelas, menuju the next level, menuju KAI baru untuk Indonesia yang maju,” kata Didiek Hartantyo.

Kereta Suite Class Compartment dihadirkan untuk menggaet pangsa pasar masyarakat ekonomi kelas atas. KAI memberikan tarif promo untuk periode 10 hingga 31 Oktober 2023 dengan harga Rp1,95 juta.

“Kami optimis kehadiran Kereta Suite Class Compartment akan mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat dan menjadi pilihan utama bagi pelanggan yang melakukan perjalanan jarak jauh dengan nuansa kemewahan," ucap Didiek Hartantyo.

Seiring menghilangnya pandemi Covid-19, terdapat peningkatan tren belanja masyarakat kelompok menengah ke atas untuk hiburan dan wisata. Fasilitas mewah di kereta api juga merupakan produk wisata semakin diminati masyarakat.

“Kami mendata bahwa keterisian kereta luxury selalu tinggi, sampai kita berencana akan menambah sebelas kereta luxury, sehingga demand layanan kereta api kelas luxury dan di atasnya harus kita penuhi,” tukas Didiek Hartantyo.

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya