Ekonomi & Bisnis

KAI Pastikan Angkutan Nataru 2023/2024 Aman dan Nyaman, Sediakan 673.438 Tiket Kereta

Ekonomi & Bisnis

22 Desember 2023 10:26 WIB

Ilustrasi (Foto: kai.id)

JAKARTA, solotrust.com - Seluruh komisaris, direksi, dan jajaran PT Kereta Api Indonesia (KAI Persero) akan melaksanakan posko Angkutan Nataru guna memastikan operasional perjalanan kereta api aman dan nyaman serta pelayanan kepada pelanggan berjalan optimal. Hal ini diungkapkan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

“Dengan semangat melayani, seluruh insan KAI akan memaksimalkan kenyamanan pelanggan melalui kemudahan dan inovasi produk yang kami hadirkan. KAI juga berkomitmen bahwa keselamatan merupakan fokus utama selama periode Nataru (Natal dan Tahun Baru),” kata Didiek Hartantyo dalam siaran pers.



Pada Nataru ini, KAI telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia (SDM), sarana, prasarana, maupun hal lain-lain berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.

Adapun untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi standard operational procedure (SOP). Para petugas frontliner, seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. KAI konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan, terutama di peak season seperti Angkutan Nataru.

Sementara guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode Angkutan Nataru ini, KAI menambah 841 personel ekstra, terdiri atas 308 petugas pemeriksa jalur ekstra, 374 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan 156 petugas daerah pemantauan khusus.

Sebagai langkah peningkatan keamanan dan ketertiban (Kamtib) dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api, KAI melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah pengawasan kamtib. KAI menyiapkan tenaga kamtib terdiri atas 1.211 Polsuska, 2.925 security, serta 471 TNI/Polri (eksternal).

KAI terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik yang memiliki potensi rawan, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat, serta meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh stakeholders, termasuk masyarakat sekitar.

Di samping itu, KAI telah memastikan keandalan sarana dan prasarana, bersama Kementerian Perhubungan serta melakukan ramp check atau pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima. Sebanyak 474 lokomotif dan 1.738 gerbong kereta, dan 99 KRD siap dioperasikan guna memberikan layanan terbaik bagi pelanggan KAI.

"Dari sisi fasilitas, KAI telah mempersiapkan dengan optimal, mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, serta kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan," ungkap Didiek Hartantyo.

Sebagai upaya menyukseskan penyelenggaraan Angkutan Nataru ini, KAI berkolaborasi dengan berbagai pihak meliputi Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, pemerintah daerah, TNI, Polri, Basarnas, anggota komunitas pecinta kereta api, serta pihak-pihak lainnya.

Selama periode Angkutan Nataru ini, KAI menyediakan 3,2 juta tempat duduk, terdiri atas KA jarak jauh dan lokal yang dikelola KAI.

Berdasarkan pantauan ketersediaan tiket yang sudah bisa dipesan pada Kamis (21/12/2023), KAI mencatat penjualan tiket kereta api jarak jauh dan lokal dikelola KAI secara keseluruhan pada 21 Desember 2023 hingga Januari 2024 sebanyak 1.529.099 tiket atau 52,48 persen dari total tiket disediakan.

Khusus untuk arus mudik Natal, yakni periode 21 hingga 24 Desember 2023 telah mencapai 598.272 tiket atau 88,8 persen dari tiket yang disediakan sebanyak 673.438 lembar.

Penjualan tiket tertinggi arus mudik Natal terjadi pada Sabtu (23/12/2023) sebanyak 163.622 penumpang atau 97,21 persen dari tiket disediakan. Sementara penjualan tiket tertinggi arus balik Natal sejauh ini terjadi pada Selasa (26/12/2023) dengan jumlah 125.088 penumpang atau 74,17 persen dari tiket disediakan.

"Semoga dengan persiapan yang matang dari seluruh aspek tersebut, Angkutan Nataru dengan kereta api dapat berjalan aman, sehat, selamat, lancar, terkendali, serta dilindungi dan diridhoi Tuhan yang Maha Esa," tutup Didiek Hartantyo

(and_)

Berita Terkait

KAI Buka Rekrutmen Program Management Trainee 2024, Pendaftaran hingga 22 April 2024

Puncak Arus Balik Lebaran, KAI Layani 218 Ribu Penumpang

KAI Imbau Masyarakat Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen

Jumlah Pengguna Melonjak 6%, KAI Operasikan 308 Perjalanan LRT Jabodebek Bulan Ini

KAI Hadirkan Diskon Tiket dan Flash Sale Lebaran

Pendaftaran Hingga 18 April 2024, KAI Dukung Program Motor Gratis Kemenhub

KAI Hadirkan Diskon Tiket dan Flash Sale Lebaran

KAI Buka Pemesanan Tiket 24 Kereta Api Tambahan Lebaran untuk Tahap Pertama

Strategi Penjualan Tiket Pertandingan Satria Muda Pertamina Jakarta

Raup Uang hingga Rp40 Miliar, Ghisca Ngaku Salah dan Siap Jalani Proses Hukum

Polisi Tangkap Calo Tiket Piala Dunia U17, Tipu 30 Calon Penonton

Awas, Jangan Bagikan Kode Booking Tiket KA ke Medsos!

Bus Hantam Kereta Api di Martapura, 1 Penumpang Meninggal

Daftar 3 Stasiun Kereta Api Ramai Menjelang Lebaran

Viaduk Gilingan Ditutup, Palang Kereta Api Balapan kian Padat Merayap

Banjir di Semarang, Perjalanan Kereta Api Melalui Jalur Pantura Alami Keterlambatan

KAI Buka Pemesanan Tiket 24 Kereta Api Tambahan Lebaran untuk Tahap Pertama

KAI Pastikan Kesiapan Angkutan Lebaran 2024, Cek Aspek Keselamatan dan Pelayanan

Ganjar Dilaporkan ke Bawaslu, Bagikan Voucher Internet di CFD Solo

354 Ribu Penumpang dan 80 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jawa ke Sumatra Selama Libur Natal

Libur Nataru, Wisatawan Penuhi Solo Safari

Nataru: Pertamina Jamin Stok Aman, meski Volume Kendaraan Meningkat

Lonjakan Pergerakan Masyarakat di Hari Puncak Pertama Libur Natal Masih Terkendali

Misa Natal Berjalan Lancar, Wali Kota Semarang Apresiasi Jajaran Forkopimda

Jelang Imlek, Kawasan Balai Kota Solo hingga Pasar Gedhe jadi Spot Pesta Lampion

Wow Keren! Naga Putar Setinggi 4 Meter Ramaikan Imlek Solo

Arus Balik Libur Tahun Baru Mulai Terjadi, 61 Ribu Penumpang Tiba di Jakarta

Meriahnya Malam Tahun Baru di Hotel Ciputra Semarang, Diwarnai Pesta Kembang Api

Nava Hotel Tawangmangu Akhiri Tahun dengan Kemeriahan Tak Terlupakan

Atraksi Barongsai dan Live Music Ramaikan Liburan Tahun Baru di Edupark Intanpari Karanganyar

Pendaftaran Hingga 18 April 2024, KAI Dukung Program Motor Gratis Kemenhub

Perjalanan KA saat Nataru Ditambah, Pengguna Jalan Diimbau Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas di Perlintasan Sebidang

Hadirkan Layanan Istimewa, KAI Luncurkan Kereta Suite Class Compartment

Perjalanan Perdana KA Banyubiru, Solusi Nyaman Liburan Semarang-Solo

2,1 Juta Orang Gunakan Kereta Api Selama Nataru

Inovasi Pembayaran Digital, KAI Luncurkan KAIPay

Berita Lainnya