Hard News

Gusti Bhre dan Gibran Ceritakan Momen Naik Kereta Uap Jaladara Bersama Veteran

Jateng & DIY

22 November 2023 11:01 WIB

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Komisaris PT KAI Kanjeng Gusti Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X menikmati perjalanan Kereta Uap Jaladara, Selasa (21/11/2023)

SOLO, solotrust.com - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 6 Yogyakarta mengajak Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Markas Cabang Solo mengenang masa perjuangan dengan menikmati perjalanan Kereta Uap Jaladara atau kita kenal dengan Sepur Kluthuk Jaladara, Selasa (21/11/2023). Gelaran ini untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November lalu.

Acara bertajuk Memorable Trip Kereta Uap Jaladara ini membawa para penumpang dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solo Kota.



Duduk di kursi penumpang, Komisaris PT KAI Kanjeng Gusti Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, EVP Daop VI Yogyakarta Bambang Respationo, Kapolresta Solo Kombes Iwan Saktiadi, Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Ali Akhwan , Dandim 0735/Solo Letkol Inf Eko Hardianto, Kajari Solo DB Susanto, dan para Legiun Veteran Solo.

Komisaris PT KAI, KGPAA Mangkunegara X baru kali pertama menjajal moda transportasi umum kuno ini mengaku terkesan dengan pengalaman perjalanan menaiki kereta uap bersejarah.

"Naik kereta bersejarah yang usianya sangat tua, itu jadi pengalaman berkesan. Ini mengubah suatu nilai dari sisi pariwisata Kota Solo, unik," kata Kanjeng Gusti Mangkunegoro X.

"Nggaksemua kota punya jalur rel yang di dalam kota dan masih berfungsi dengan baik. Keretanya juga bersejarah, kereta uap, jadi pengalaman menyenangkan sekali. Ini sesuatu yang bisa dicoba oleh teman-teman sekalian," sambungnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang turut serta di dalam gerbong mengaku menikmati perjalanannya. Ia berharap hadirnya kereta uap Jaladara bisa membangkitkan pariwisata Kota Solo.

"Ya kita pengin sekali lagi, selain wisata-wisata modern, wisata budaya, wisata seperti ini perlu dikembangkan. Tadi sembari perjalanan dari Purwosari sampai Stasiun Kota ada salah satu sejarawan mengenalkan sejarah-sejarah Kota Solo," ungkap Gibran Rakabuming.


Perjalanan menggunakan kereta uap Jaladara tak hanya membawa penumpang berkeliling Kota Solo dengan gerbong-gerbong kuno. Selama perjalanan di dalam kereta, para tamu disuguhkan cerita sejarah.

"Saya kira luar biasa, ada storytelling, ada makanan juga. Ini yang kita cari selama perjalanan dari stasiun A ke stasiun B," ucapnya.

EVP Daop 6 Yogyakarta, Bambang Respationo, bilang acara ini digelar untuk membangkitkan kembali kenangan para prajurit veteran pada masa lalu, sekaligus memperingati Hari Pahlawan 10 November.

"Masih dalam nuansa Hari Pahlawan, kami ingin mengajak para Legiun Veteran Republik Indonesia menikmati perjalanan Sepur Kluthuk Jaladara. Daop 6 berupaya memberikan perjalanan berkesan bagi beliau-beliau untuk melihat perkembangan Kota Solo di jalur dan lokomotif yang menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan di masa lalu," jelas dia.

Lebih lanjut, Bambang Respationo mengutarakan, kereta uap Jaladara saat ini menjadi kereta wisata primadona di Solo yang bisa dipesan masyarakat umum melalui Kantor Dinas Perhubungan.

"Pemesanan bisa langsung ke Dinas Perhubungan, tapi kami batasi jumlah trip (perjalanan-red) kereta uap ini sebanyak delapan kali dalam satu bulan. Ini untuk menjaga perawatan mesin, mengingat usianya yang sudah tua," terangnya.

Daop 6 juga mengajak Komunitas Fotografi Fuji Guys Indonesia (FGI) Chapter Surakarta untuk mengabadikan momen-momen LVRI bersama Kereta Uap Jaladara dalam sesi hunting foto di Stasiun Solo Kota.

(and_)

Berita Terkait

Menhan Prabowo Hadiri Peringatan Hari Veteran Nasional di Solo

Hari Pahlawan, Aston Inn Pandanaran Semarang Live IG Bareng Veteran

Peduli Pejuang Indonesia, Solo Paragon Hotel Ajak Ramah Tamah Legiun Veteran

Menhan Prabowo Hadiri Peringatan Hari Veteran Nasional di Solo

Univet Bantara Sukoharjo Lepas 54 Lulusan MPBI

Peringati Hari Ibu, The Sunan Hotel Solo Undang Veteran Putri

Univet Gelar Orientasi Mahasiwa PPG dan Penandatanganan MoU

Arak Sapi, Univet Sukoharjo Resmikan Gedung Baru Fakultas Pertanian

Sosok Muda Pengganti Gibran Versi PSI: Mangkunegara X, Anak Akbar Tandjung dan Rektor UNSA

Jumenengan ke-2 KGPAA Mangkunegara X, Aria Bima sampai Bos Persis Solo Dapat Gelar

Public Relations Soloraya Sowan Gusti Bhre, Diskusi Pengembangan Pariwisata Solo

Presiden dan 2 Capres Diundang ke Peringatan Malam 1 Sura Mangkunegaran

Diskoria hingga RAN Getarkan Mangkunegaran, Gusti Bhre sampai Turun Panggung

Tingalan Jumenengan Mangkunegara X, Wali Kota Gibran Mendapat Gelar Kanjeng Pangeran Haryo

Gojek Luncurkan Layanan GoTransit Terintegrasi Commuter Line Solo-Yogyakarta

Omah Lowo, Heritage Batik Keris Solo

Rekomendasi 5 Kuliner Nikmat Khas Solo, Favorit Wisatawan

Astrid Widayani Maju Pilkada Solo Lewat Gerindra, Siap Abdikan Diri untuk Sosial Kemasyarakatan

Nyalanesia kembali Gelar Festival Literasi Nasional di Solo

Menyelami Kelezatan Tahok Pasar Gede, Kuliner Ikonik Kota Solo

PDIP Tegaskan Gibran dan Jokowi Bukan Lagi Kadernya

Gibran ke Jakarta Besok, Dampingi Prabowo di KPU dan Silaturahmi dengan Kubu Paslon 01-03

Megawati Surati MK, Ini Tanggapan Gibran

Warga Terima 10 Ribu Paket Sembako dari Solo Bersama Selamanya, Gibran: Semoga Bermanfaat

Gibran Wanti-wanti Jukir Tak Pasang Tarif Parkir Ngepruk: Laporkan Saja Kalau Ada

Golkar Minta Jatah 5 Kursi Menteri ke Prabowo, Ini Tanggapan Gibran

Animo Tinggi, KAI Siap Tambah Perjalanan KRL Solo-Jogja jadi 30 Jadwal

Gibran Siap Bangun Koridor Pedestrian Stasiun Balapan-Masjid Sheikh Zayed-Mangkunegaran

Berita Lainnya