Hard News

Kanwil Kemenkumham Jateng Gelar Kajian Ramadan dan Buka Puasa Bersama

Jateng & DIY

21 Maret 2024 13:57 WIB

Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar kajian Ramadan dan buka puasa bersama di Aula Kresna Basudewa Kantor Wilayah, Rabu (20/03/2024). (Foto: Dok. Istimewa)

SEMARANG, solotrust.com - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah (Kanwil Kemenkumham Jateng) menggelar kajian Ramadan dan buka puasa bersama di Aula Kresna Basudewa Kantor Wilayah, Rabu (20/03/2024). Kegiatan ini sebagai wujud nyata dalam mempererat tali silaturahmi antarpegawai.

Suasana penuh keakraban dan kekeluargaan menyelimuti salah satu rangkaian kegiatan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah dalam mengisi Ramadan. Tampak seluruh pegawai mulai dari kepala kantor wilayah, kepala divisi, pejabat struktural sampai pelaksana kompak mengenakan pakaian nuansa putih mengikuti kegiatan dengan khidmat.



Sebelum waktu berbuka tiba, Ustaz Iqbal Baswedan menyampaikan kuliah tujuh menit (Kultum) tentang kewajiban berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam menghadapi sesuatu setinggi apa pun derajat orang tersebut.

Ustaz Iqbal menceritakan kisah Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dan sahabatnya ketika perang badar terjadi. Saat itu, Rasulullah beserta para sahabatnya berjumlah 300 orang harus berhadapan dengan seribu orang pasukan Quraisy.

Pada perang itu, Ustaz Iqbal melanjutkan, meski Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam paling dekat dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala, ia tetap berdoa kepada sang maha pencipta agar diberikan kemudahan dalam menghadapi pasukan Quraisy.

"Terkadang kita baru berdoa sebentar saja sudah bingung mau meminta apa, padahal dalam keseharian kita banyak hal di mana kita meminta pertolongan Allah Subhanahu wa Ta'ala," ungkap Ustaz Iqbal.

"Kemudahan, kebaikan, sampai kekayaan bukan karena kecerdasan kita. Semua itu karena Allah Subhanahu wa Ta'ala," sambungnya.

Sebelumnya, Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor dalam pengantarnya mengharapkan kegiatan ini selain sebagai momen silaturahmi, juga dapat meningkatkan kesadaran dan keimanan bagi pegawai, serta menjadi agenda tahunan ketika Ramadan.

"Mudah-mudahan ini membawa berkah untuk kita semua," kata Hajrianor.

Setelah kajian selesai, kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan salat magrib berjemaah.

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya