Hard News

Notaris Wajib Profesional, Ini Pesan Dirjen AHU Cahyo R Muzhar

Jateng & DIY

5 April 2024 13:03 WIB

Seminar kenotariatan bertema Pembinaan Kompetensi Notaris dalam Memberikan Pelayanan Publik Berkualitas yang diselenggarakan Kanwil Kemenkumham Jateng, Kamis (04/04/2024). (Foto: Dok. Istimewa)

SEMARANG, solotrust.com - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah (Kanwil Kemenkumham Jateng) menggelar seminar kenotariatan bertema Pembinaan Kompetensi Notaris dalam Memberikan Pelayanan Publik Berkualitas, Kamis (04/04/2024). Acara diikuti seratus notaris baru di wilayah Jawa Tengah.

Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU), Cahyo R Muzhar, menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi notaris di Jawa Tengah. Hal itu mengingat profesi notaris memegang peranan penting dalam memberikan kepastian hukum dan pelayanan kepada masyarakat.



“Pembinaan ini penting dilakukan untuk mengenalkan tugas dan fungsi notaris serta kebijakan-kebijakan pemerintah terkait perundang-undangan yang harus diketahui notaris dalam melaksanakan tugasnya,” kata Cahyo R Muzhar.

Pembinaan ini juga bertujuan untuk memastikan serta memberikan perlindungan kepada notaris dari tindak pidana. Sejauh ini masih ada notaris lalai dalam menjalankan pekerjaannya.

Oleh karena itu, Cahyo R Muzhar berharap agar semua notaris bisa memahami pekerjaan mereka secara menyeluruh dan tidak terlibat pelanggaran. Pihaknya juga mengingatkan notaris untuk selalu profesional, netral, dan tidak berpihak selama menjalankan pekerjaan mereka.

“Akta autentik notaris dapat digunakan sebagai alat bukti sah di pengadilan. Jangan sampai notaris salah dalam membuat akta, apalagi melakukan tindak pidana, jadi harus memerhatikan kode etiknya,” tegas Cahyo R Muzhar.

“Kita harus tunjukkan bahwa kita profesional. Kita adalah pembuat, penegak, dan penasihat hukum. Sebagai pejabat umum pembuat akta autentik, maka memiliki kedudukan terhormat sehingga harus memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat,” sambungnya.

Lebih lanjut, Dirjen Cahyo mengingatkan pentingnya mewujudkan kemudahan berbisnis dan berinvestasi di Indonesia. Salah satunya melalui keanggotaan Indonesia di Financial Action Task Force (FATF), di mana notaris berperan dalam mencegah pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Adapun untuk mencegah timbulnya pencucian uang, dirinya juga mengingatkan agar notaris menerapkan prinsip mengenali pengguna jasa (PMPJ).

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto menungkapkan berkaitan dengan pengawasan kinerja notaris, jajarannya telah membentuk 28 MPD untuk membina dan mengawasi 2.813 notaris, tersebar di 35 kabupaten/kota.

“Upaya mendorong penanganan dugaan pelanggaran pelaksanaan jabatan dan/atau perilaku notaris yang lebih optimal. Kami juga memantau kinerja MPD untuk memastikan bahwa anggota MPD dari semua unsur betul-betul berkomitmen dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab,” ujarnya memberikan sambutan.

Selepas pembukaan secara resmi, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para narasumber, antara lain Direktur Perdata Santun Maspari Siregar, Direktur Teknologi Informasi Andry Indrady, Direktur Badan Usaha Constantinus Kristomo, dan Analis Transaksi Keuangan Ahli Muda pada Direktorat Pengawasan Kepatuhan Penyedia Barang dan/atau Jasa Lain dan Profesi Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan yakni Listawati.

Tampak hadir mengikuti kegiatan, pimti pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Kota Semarang, serta pejabat administrasi pada Ditjen AHU dan Kantor Wilayah.

(and_)

Berita Terkait

Catat Sejarah, Kemenkumham Jateng Gelar Pelantikan Notaris Terbesar Sepanjang Masa

Kakanwil Kemenkumham Jateng Prihatin Dualisme Kepengurusan INI Jawa Tengah

Kadiv Yankumham Lantik Notaris Pengganti Wilayah Kerja Kabupaten Cilacap

Kanwil Kemenkumham Jateng Bina MPD Wonogiri

Kadiv Yankumham Lantik Notaris Pengganti Wilayah Kerja Kabupaten Pemalang

Lantik serta Ambil Sumpah PPNS dan Notaris Pengganti, Ini Pesan Penting Plt Kakanwil Kumham Jateng

UT Surakarta Bekali Mahasiswa sebelum Wisuda

Kanwil Kemenkumham Jateng Gelar Seminar Strategi Pencegahan Pungutan Liar dan Gratifikasi

Mahasiswa KKN UNS 41 Jajar Ajak Siswa SMPN 2 Surakarta Tingkatkan Semangat Kebangsaan

BEM UNSA Gelar Seminar Berintelektual dalam Berpolitik, Cegah Radikalisme di Era Milenial

UMUKA Gelar Seminar Nasional Peningkatan Kualitas SDM di Era Society 5.0

Optimalisasi Peran dan Fungsi PPNS, Kemenkumham Jateng Gelar Seminar Penguatan

7703 Narapidana di Jateng Terima Remisi Idulfitri, 57 di antaranya Langsung Bebas

Kanwil Kemenkumham Jateng Gelar Kajian Ramadan dan Buka Puasa Bersama

63 Pegawai Kanwil Kemenkumham Jateng Ikuti Seleksi Penyesuaian Ijazah dan Ujian Dinas

Reformasi Birokrasi di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng Tunjukkan Peningkatan Signifikan, Capai Hasil Sempurna

Fun Game Bersama, Kemenkumham Jateng Larut dalam Kebersamaan

Evaluasi Jajaran, Kakanwil Kemenkumham Jateng: Perlu Peningkatan Kompetensi, Inovasi dan Koordinasi

Kanwil Kemenkumham Jateng Beri Penghargaan UPT Jajaran

Seleksi CPNS Berlanjut, Peserta Jalani Tes Wawancara hingga Keterampilan

Kepala BPSDM Kumham Resmikan Sarana dan Prasarana Badiklat Kumham Jateng

Puncak Peringatan Hari HAM ke-75, Kanwil Kemenkumham Jateng Sabet Penghargaan Pembina HAM Terbaik

Kanwil Kemenkumham Gelar Penguatan Peran Kehumasan bagi UPT di Jateng

Kunjungi Kemenkumham Jatim, Kanwil Jateng Berharap Ada Transfer Knowledge

Berita Lainnya