Hard News

Arus Mudik di Terminal Tirtonadi Diprediksi Merata

Jateng & DIY

28 Mei 2018 16:28 WIB

Terminal Tirtonadi, Solo (Dok solotrust.com)

SOLO, solotrust.com – Penumpang mudik bus yang tiba di Terminal Tirtonadi Solo diprediksi tidak akan menumpuk seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disampaikan Kepala UPTD Terminal Bus Tirtonadi Solo Joko Sutrianto usai mengisi takshow di Studio TATV, Sabtu (26/5/2018).

Menuturnya, panjangnya cuti bersama membuat arus mudik Lebaran tahun ini lebih merata dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dengan kata lain tidak ada penumpukan puncak mudik di hari tertentu secara signifikan. Kondisi tersebut disebutnya bahkan sudah terlihat sejak mudik Lebaran tahun lalu.



“Mungkin pemerintah mengantisipasi itu akhirnya libur (cuti bersama) diperpanjang akhirnya dari tahun 2017 kemarin rata-rata, jadi kesannya tidak puncak mudik itu hari berapa itu tidak. Setiap setelah libur, itu kelihatannya sudah rata-rata, jadi puncaknya itu tidak signifikan,” jelasnya kepada solotrust.com.

Disinggung soal peningkatan jumlah penumpang di Tirtonadi saat arus mudik, Joko memprediksi terjadi pada H-2. Namun kondisi itu pun disebutnya tidak terlalu signifikan.

“Ya H-2 tapi tidak signifikan seperti tahun-tahun kemarin. Karena pemerintah meliburkan panjang ini jadi (pemudik) pulangnya tidak (bersamaan),” urainya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah menetapkan penyesuaian hari cuti bersama Idul Fitri melalui SKB 3 Menteri yang dimulai pada 11 Juni hingga 20 Juni 2018. Salah satu tujuan penambahan cuti bersama yakni untuk mengurai penumpukan pemudik dan arus lalu lintas.

(way)