Hard News

Meriahkan Ramadan, SMI Gelar Festival Musik Anti Hoaks

Jateng & DIY

10 Juni 2018 02:02 WIB

Suasana Festival Band Pelajar Cipta Lagu Anti Hoax, Sabtu (9/6/2018) di Hartono Mall Solo Baru Sukoharjo. (solotrust.com/rum)

SUKOHARJO, solotrust.com - Pendidikan dapat dilakukan melalui musik. Hal tersebut dibuktikan oleh Sekolah Musik Indonesia (SMI) Solo bekerjasama dengan Polresta Surakarta dan CV Deras Cipta Media Advertising.

Melalui sebuah festival musik yang diadakan di Hartono Mall Solo Baru, Sabtu (9/6/2018). Festival Band Pelajar Cipta Lagu bertema Anti Hoax tersebut merupakan rangkaian acara dari SMI Ramadan Festival 2018.



Event Promotion SMI Solo, Ferianto menjelaskan SMI selalu mengadakan acara rutin tiap tahun dimana tahun 2018 ini mengusung tema anti hoax. Sekaligus terkait HUT Bhayangkara ke 72 dari Polresta.

"Musik bisa digunakan untuk keperluan apa saja. Kita berharap, musik digunakan untuk hal positif seperti edukasi. Sehingga membawa pengaruh positif ke masyarakat," paparnya pada solotrust usai festival band, di Hartono Mall Solo Baru, Sabtu (9/6/2018).

SMI sendiri menggelar acara di atrium Hartono Mall sejak Kamis - Minggu (7-10/6/2018). Konten acara antara lain, workshop musik, perkusi, hingga workshop kecantikan. Juga penampilan murid SMI meliputi solo piano, solo drum, grup musik / band, ensamble dan lainnya.

Menurutnya, minat musik di Solo Raya cukup luar biasa. Terlihat dari kisaran usia para siswa SMI, mulai anak usia 2,5 tahun hingga dewasa. Sebanyak 50 % siswa didominasi usia TK - SD, 30 % siswa SMA, sisanya orang dewasa. Selama event ada penawaran khusus, yaitu gratis biaya pendaftaran yang seharusnya Rp 450 ribu. Untuk pembayaran 3 bulan ke depan, akan mendapat diskon 10 persen. Di event ini SMI Solo menargetkan bisa menjaring hingga 50 siswa.

Marketing CV Deras Cipta Media Advertising, Yosua Eka Setiawan menambahkan kegiatan ini sekaligus untuk edukasi ke masyarakat khususnya pengguna sosial media, untuk menekankan jangan menyebar berita hoaks. Deras mendukung kegiatan ini karena sesuai dengan bidang gerak yaitu periklanan atau advertising.

"Untuk event ini Deras mendukung dengan 6 titik baliho se Solo Raya. Tujuannya tidak hanya menarik minat peserta saja. Tapi juga mengajak masyarakat jangan mudah menerima dan menyebar berita hoaks," terangnya.

Menurut pria yang akrab disapa Jojo tersebut, hampir semua orang mulai dari anak kecil hingga dewasa sudah mengenal sosial media. Sulit untuk mengontrol informasi macam apa yang diterima masyarakat. Upaya yang bisa dilakukan hanyalah mengajak untuk meningkatkan kesadaran tentang berita hoaks sejak dini sebab cepat penyebarannya.

"Harapan kami, masyarakat indonesia bisa menjadi lebih baik. Tidak mudah terpengaruh berita hoaks serta bisa menyaring berita baik dan buruk. Terlebih anak anak atau remaja mudah terpengaruh," pungkasnya. (Rum)

(wd)

Berita Terkait

Menaklukkan Kebosanan: 7 Cara Menghibur Diri saat Gabut

Kemendikbudristek Gelar Sosialisasi dan Lomba Kita Cinta Lagu Anak di Solo

Lokananta, Museum Musik yang Pikat Antusiasme Anak Muda

Lokananta, Spot Wisata Hits Kaya Sejarah dengan Keindahan Karyanya

Asya Perkenalkan Single Bahagiaku yang Terinspirasi Kisah Pribadinya

RebellionRose Tarik Antusiasme Penonton Konser Musik Sekaten

Smile Diklaim Sebagai Film Horor Terseram Tahun Ini, Begini Komentar Para Penontonnya

Astaga! Will Smith Dilarang Hadir di Academy Awards Selama 10 Tahun

Menyesal Ngamuk di Academy Awards, Will Smith Minta Maaf ke Chris Rock

Will Smith Ngamuk, Tampar Chris Rock di Academy Awards 2022

Dune Boyong Nominasi Terbanyak BAFTA Awards 2022

Bahar bin Smith Diperiksa Polisi Pekan Depan

Heroik! Polisi Ini Gendong Jenazah Seberangi Sungai Deras

Tega! Wanita Ini Ditinggal Kekasih Saat Hujan Deras dan Bensin Habis

Hujan Deras Guyur Karanganyar Akibatkan Longsor Putuskan Jalur Karangpandan Tawangmangu

Longsor Karena Hujan Deras Akibatkan Gedung Sekolah Ambrol

Longsor 19 Titik di Magelang: 1 Tewas dan Akses Jalan Utama Putus

Hujan Deras, Jalan Penghubung Antar Kecamatan Terputus

Momen Lebaran, Warga Solo Tetap Bisa Perpanjang dan Bikin SIM Baru

Alumni AKABRI 1996 Bharatasena Gelar Pelatihan dan Pengembangan UMKM Berbasis Digital

Antisipasi Balap Liar, Polresta Surakarta Gelar Latihan Menggunakan Road Blocker

Diwarnai Aksi Kejar – Kejaran Bak Film Action, Polisi Bekuk Pencuri Mobil Operasional BRI

Pengamanan Nataru, Polresta Surakarta Siyaga Atusan Personel

Pertengahan Tahun, Satnarkoba Polresta Surakarta Ungkap 111 Kasus Dengan 120 Tersangka

Berita Lainnya