Hard News

Bawaslu Sragen Gelar Deklarasi di Museum Sangiran

Jateng & DIY

01 Oktober 2018 18:57 WIB

Suasana Deklarasi Pemilu Damai yang digelar Bawaslu di Museum Sangiran. (solotrust-saf)

SRAGEN , solotrust.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sragen menggelar acara 'Deklarasi Pemilu Damai' di Museum Sangiran, Senin (1/10/2018). Deklarasi untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang bersih dan bermartabat tersebut diikuti oleh segenap stakeholder pelaksanaan Pemilu seperti partai politik, aparat TNI dan Polri, serta pejabat setingkat kecamatan di Kabupaten Sragen.

Saat dibacakannya deklarasi, para petugas Panwascam se-Sragen ikut serta. Para Kapolsek , para Danramil, dan para Camat se-Sragen juga ikut dalam pembacaan deklarasi.



Kegiatan ini merupakan rangkaian untuk menghadapi Pemilu DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, serta DPRD tahun 2019. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendukung Pemilu damai, berintegritas, dan bermartabat sehingga menghasilkan wakil rakyat dan pemimpin yang membawa ke arah kemajuan.

Ketua Bawaslu Sragen Dwi Budhi Prasetya menjelaskan, maksud digelarnya deklarasi ini di Museum Sangiran yaitu untuk ikut mempromosikan Museum Sangiran yang sudah mendunia dengan sebutan ‘The Homeland of Java Man’.

“Kita semua sudah paham tentang Sangiran, tapi meski sudah pada tahu, masih banyak warga di Kabupaten Sragen yang belum pernah ke tempat ini. Oleh sebab itu, deklarasi ini sekaligus untuk ikut mempromosikan Sangiran,” ujar Dwi Budhi Prasetyo kepada solotrust.com di sela sela acara deklarasi.

Sementara pihak Kepolisian Resor Sragen melalui Kepala Bagian Operasi AKP Yohanes Trisnanto memberi dukungan kepada Bawaslu untuk menciptakan Pemilu yang bersih dan bermartabat.

Polres bahkan telah membentuk enam satgas yang sub satgasnya antara lain Sargas Gakkum, Satgas Cyber Crime, dan Satgas Money Politik. Polisi berharap Pemilu lancar sehingga tidak ada yang ditangani Satgas.

“Deklarasi semacam ini perlu namun yang penting nanti kita awasi bersama saat Pemilu 2019,” tandas Yohanes saat memberi sambutan.

Terkait digelarnya acara politik di Museum Sangiran ini, Kepala BPSMP Sangiran Muhammad Hidayat menyambut gembira. Karena sekaligus ikut memperkenalkan museum ini, meskipun kepada warga Sragen sendiri.

“Ini untuk pertama kalinya deklarasi digelar di Sangiran, kita welcome saja dan mendukung agar Pemilu benar-benar bersoh dan bermartabat,” ungkap Muhammad Hidayat yang ditemui solotrust.com seusai acara deklarasi.

Sedangkan Kepala Kesbanglinmas Sragen Heru Martanto yang hadir mewakili Bupati meminta semua elemen taat aturan agar pemilu lancar. Dia menyebut kekisruhan akan muncul bila terjadi pelanggaran pelanggaran aturan oleh siapa saja. (saf)

(way)