Selasa , 31 Maret 2020

Sri Mulyani Terharu Lihat Jokowi Ikuti KTT G20 di Tengah Duka

27 Maret 2020 13:03 WIB


Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat berbicara pada forum KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Bogor, Kamis (26/03/2020) malam (Foto: Instagram-@smindrawati)

Solotrust.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) seusai mengikuti prosesi pemakaman ibunda tercintanya Hj Sudjiatmi Notomihardjo pada Kamis (26/03/2020) siang di TPU Desa Mundu Selokaton Gondangrejo Karanganyar, sore harinya langsung terbang menuju Jakarta guna mengikuti Pertemuan Luar Biasa Pemimpin G20 membahas tentang virus corona (Covid-19) melalui video conference di Istana Bogor dengan para pemimpin dunia.

Kehadiran Presiden Jokowi yang tetap mengikuti agenda Pertemuan Luar Biasa dengan pemimpin G20 di tengah duka cita mendalam yang sedang dirasakannya membuat trenyuh dan terharu Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dalam akun Instagramnya yang diunggah pada Kamis (26/03/2020) Sri Mulyani mengungkapkan isi hatinya.



“Pertemuan Luar Biasa Pemimpin G20 Membahas Covid 19. Meskipun masih dalam suasana sangat berduka dan baru selesai melaksanakan pemakaman ibunda tercinta Ibu Sudjiatmi Notomihardjo, malam ini mulai pukul 19.00 di Istana Bogor, Presiden Jokowi menghadiri dan berartisipasi dalam pertemuan pimpinan G20 untuk membahas pandemi Covid-19,” tulis Sri Mulyani di akun Instagramnya, @smindrawati.

“Seorang pemimpin dengan dedikasi luar biasa dan komitmen tiada tara untuk bangsa dan Negara Indonesia. Sungguh terharu dan bangga!“ sambungnya.

Ancaman Covid-19 yang tidak mengenal batas negara, menurut Menkeu telah menimbulkan banyak korban manusia. Covid-19 tidak lagi hanya menjadi masalah kesehatan, namun telah menjadi ancaman kemanusiaan, sosial, ekonomi, dan keuangan dunia.

“Untuk memerangi pandemi Covid-19, pemimpin G20 meminta lembaga international WHO, UN, IMF dan World Bank bersama seluruh negara untuk melakukan kolaborasi dan kerjasama kebijakan, instrumen dan langkah penanganan Covid-19,” terangnya.

Sri Mulyani juga menambahkan tentang langkah-langkah harus diambil, meliputi kerjasama pencegahan penyebaran virus, melindungi pekerja di bidang kesehatan, dan upaya menemukan vaksin Covid-19 secepat mungkin. 

Selain itu, pihaknya juga menjelaskan tentang penanganan akibat dari dampak sosial ekonomi serta ancaman stabilitas sistem keuangan dengan fokus melindungi masyarakat, terutama yang paling lemah dan usaha kecil menengah. Kerjasama global juga perlu diperkuat dan dipererat untuk keberhasilan melawan ancaman Covid-19.

Dalam video conference, Raja Salman dari Arab Saudi bertindak sebagai tuan rumah G20 dan para Pemimpin G20 telah berkomitmen untuk bersama-sama mengatasi krisis Covid-19. (dd)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com