Hard News

Cegah Klaster Perkantoran, 125 Pegawai di Pelayanan Akan Diswab di Mobil Lab PCR

Jateng & DIY

12 Agustus 2020 09:13 WIB

Ilustrasi.

 

SOLO, solotrust.com- Sebanyak 125 pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menjalani tes swab di mobil Laboratorium Polymerase Chain Reaction) milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah yang akan berkunjung ke Balai Kota Solo, Rabu (12/8/2020).



Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan, 125 pegawai Pemkot tersebut diutamakan para pegawai yang melayani langsung masyarakat. Pertimbangan tersebut diambil sebagai salah satu langkah antisipasi munculnya klaster perkantoran pasca penutupan sementara Kantor Inspektorat setelah seluruh pegawainya diswab karena ada enam orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Awalnya kita hanya dapat jatah 100 spesimen, tapi setelah kami lobi akhirnya dapat tambahan 25 spesimen, jadi 125 orang bisa diswab di Mobil PCR. Dan kami pun memilih mereka yang melakukan pelayanan langsung karena mereka yang berisiko tinggi terpapar Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, terkait perkembangan kasus Covid-19 di kota bengawan, Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani mengatakan, berdasarkan data Selasa (11/8/2020), terdapat penambahan satu kasus positif, yakni warga asal Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasarkliwon.

“Tambahan satu ini diketahui dari hasil rapid test mandiri yang menunjukkan hasil reaktif, kemudian fasilitas kesehatan yang melayani rapid test itu lapor ke DKK dan ditindaklanjuti dengan swab dan hasilnya positif. Jadi kasus baru ini, bukan dari tracing atau pasien suspect,” jelasnya.

Adapun data Covid-19 di Kota Solo sendiri saat ini tercatat sebanyak 313 orang. Dengan perincian 268 sembuh, 25 orang menjalani karantina mandiri, delapan orang rawat inap dan 12 orang meninggal dunia. Sedangkan untuk pasien suspek sebanyak 1.047 orang. Terdiri dari 990 orang sembuh, delapan orang dirawat inap,  dua karantina mandiri serta 47 orang meninggal dunia. (awa)

 



(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya