Rabu , 25 November 2020

Mal dan Pasar Kembali Ramai, Pemkot Solo Siapkan Rapid Test

19 Mei 2020 10:08 WIB


Ilustrasi.

 

SOLO, solotrust.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana melakukan rapid test bagi pedagang pasar maupun karyawan pusat perbelanjaan, menyusul semakin banyaknya masyarakat yang mendatangi kedua lokasi keramaian tersebut.



Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani mengatakan, untuk pasar tradisional, rapid test sudah dilaksanakan di beberapa lokasi yang ramai dengan pengunjung dan dilakukan dengan sistem random sampling.

“Yang sudah itu di Pasar Harjodaksino, Pasar Legi, Pasar Gede, dan Pasar Kadipolo. Pedagangnya dipilih acak untuk dilakukan rapid test, sampai saat ini belum ada yang hasilnya menunjukkan positif,” jelasnya saat Jumpa Pers Covid-19 yang digelar di Ruang Nata Praja, Kompleks Balaikota Solo, Senin (18/5/2020).

Sedangkan untuk pusat perbelanjaan, Ahyani mengatakan jika alat rapid test yang didatangkan Pemkot sudah tiba, maka tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan sebagaimana di pasar tradisional. Karena sebagaimana di pasar, di mall pengunjung juga berinteraksi dengan karyawan toko.

“Belajar dari daerah lain dimana sudah ada pedagang pasar yang positif Covid-19, kemudian juga di Jogja beberapa waktu lalu juga ada karyawan supermarket yang positif Covid-19. Di sisi lain, saat ini pasar dan juga pusat perbelanjaan sudah mulai ramai kembali, artinya interaksi masyarakat kembali tinggi, sehingga perlu dilakukan antisipasi agar tidak menyebar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan,alat rapid test yang digunakan untuk pedagang pasar merupakan bantuan dari pusat yang disalurkan provinsi. Tapi ada juga yang kami beli sendiri,” ujarnya. (awa)



(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com