Minggu , 31 Mei 2020

Jokowi Serahkan 20 Ribu Paket Sembako di Kampung Halamannya

20 Mei 2020 13:31 WIB


Ilustrasi paket bantuan sosial (Foto: Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

SOLO, solotrust.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan berupa sembako sebanyak 20.ribu paket untuk dibagikan kepada masyarakat membutuhkan di kampung halamannya, Solo, Jawa Tengah. Bantuan diserahkan kepada pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk didistribusikan langsung kepada warga.

Kepala Bagian Dana Operasional dan Bantuan Presiden, Helmi Agustian mengatakan, paket sembako ditujukan kepada warga Kota Solo terdampak pandemi virus corona (Covid-19). Dalam hal ini warga yang belum menerima bantuan dari siapa pun, baik pemerintah pusat, provinsi, maupun kota.



“Jadi kami serahkan kepada Pemkot Solo yang tahu datanya agar tidak terjadi data ganda penerima,” jelasnya di sela penyerahan bantuan sembako presiden secara simbolis di Pendapi Gede Kompleks Balai Kota Solo, Selasa (19/05/2020).

Lebih lanjut Helmi Agustian mengatakan, bantuan paket sembako terdiri atas 10 kilogram beras, 1 kilogram gula pasir, satu liter minyak goreng, dan satu kotak teh celup.

"Pesan Presiden Jokowi pada masyarakat Solo tetap jaga jarak, jaga kesehatan, social distancing dan semoga Covid-19 segera berlalu," imbuh dia.

Sementara itu, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menegaskan, bantuan dari presiden akan diberikan kepada warga yang belum menerima bantuan, khususnya Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp600 ribu per kepala keluarga (KK) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

“Masih ada warga yang belum menerima bantuan, jadi jangan sampai dobel. Apalagi yang kemarin sudah terima BST, jelas tidak akan dapat bantuan ini,” ujarnya.

Bantuan berupa sembako dari pemerintah pusat, lanjut Wali Kota Solo, sesuai dengan keinginannya agar tidak ada warga kelaparan akibat pandemi Covid-19.

“Bantuan dari presiden ini akan diantar ke rumah masing-masing sesuai dengan nama dan alamatnya. Bantuan ini meringankan beban bagi Pemkot Solo,” imbuh Rudy, panggilan akrabnya. (awa)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com